OSS Malaysia MAMPU Hasilkan 1.9 Triliun Rupiah

MAMPUImplementasi Open Source Software (OSS) di sektor publik di negeri jiran sejak tahun 2004 telah menghasilkan tidak kurang dari 1.9 Triliun Rupiah (RM595 juta) pendapatan. Data tersebut dikutip dari kantor berita resmi Malaysia yang meliput pernyataan direktur MAMPU (Malaysia Administrative Modernisation and Management Planning Unit) Datuk Wira Omar Kaseh.

Implementasi OSS telah mendorong pengembangkan 36 perusahaan Malaysia berstatus MSC yang memberdayakan 6.206 tenaga ahli, dimulai sejak tahun 2004 dengan peluncuran Masterplan OSS Sektor Publik dan pembentukan pusat kompetensi Open Source atau OSCC (OSS Masterplan for the Public Sector and the establishment of the Open Source Competency Centre), disamping memangkas biaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), juga untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat, meningkatkan pengembangan sumber daya manusia, mendorong pertumbuhan tenaga ahli, dan untuk meningkatkan perkembangan industri TIK lokal.

Prestasi implementasi OSS di sektor publik yang disebutkan luar biasa itu, telah mencapai 99,6 persen atau pada 921 instansi pemerintah yang menurut perhitungan mampu menghemat sekitar 1.2 triliun rupiah (RM370 juta). Sementara itu, institusi Multimedia Development Corporation (MDeC) menyebutkan bahwa implementasi OSS di negeri jiran telah menciptakan nilai ekspor, tidak kurang dari tiga per empat triliun rupiah atau RM234 juta.

Kecuali meningkatkan jumlah PNS yang trampil dan bersertifikat OSS sebanyak  7.300 staf yang mengikuti pelatihan OSCC dan 96 yang menerima sertifikat OSS, menurut Omar terdapat sebanyak 16 penyedia pelatihan bersertifikat dari lingkungan universitas yang telah ditunjuk untuk menyediakan pelatihan untuk memungkinkan pegawai negeri sipil mengejar pendidikan tinggi di universitas.

Untuk mengatasi agar “upaya” tidak menjadi tumpang tindih, disamping membantu menyelamatkan dana pembangunan pemerintah dan meningkatkan kompetensi personil dalam bidang TIK dengan fokus pada pelayanan masyarakat, maka OSCC telah mengembangkan 10 produk generik untuk diadopsi oleh sekitar 724 instansi pemerintah secara cuma-cuma. Produk yang dimasud adalah MySpamGuard, MySuftGuard, MyNetWatch, MyWorkspace, MyDesktopManager, MySurveillance, MyTaskManager, MyMesyuarat, MyBooking dan MyDocManager.

Bekerjasama dengan Kementerian Keuangan, telah dibentuk Panel Pemasok Produk Layanan OSCC untuk membantu peningkatan implementasi OSS dan memperluas adopsi produk OSCC di instansi pemerintahan. Panel ini nantinya akan menyediakan berbagai produk layanan OSCC seperti promosi, pelatihan, implementasi, upgrade aplikasi, dukungan teknis serta penelitian dan pengembangan yang akan meningkatkan nilai tambah industri TIK lokal, termasuk peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional negara tersebut.

Sumber dan selengkapnya disini..

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s