GNU Health 2.0 Bantu Sehatkan Rumah Sakit

Sistem informasi bebas untuk lingkungan rumah sakit dan kesehatan GNU Health 2.0 telah rilis. GNU Health terdiri dari sistem informasi rumah sakit, rekaman medis elektronika dan sebuah sistem informasi kesehatan.

GNU Health 2.0 Telah Rilis
Paket software GNU Health 2.0 adalah kompatibel dengan kerangka aplikasi Tryton dan ditulis dalam bahasa pemrograman Python. Tryton memanfaatkan PostgreSQL sebagai sistem manajemen database dan menunjang modul-modul akuntansi, faktur, pengadaan, manajemen proyek, perencanaan sumber daya dan manajemen persediaan (termasuk inventarisasi).

GNU Health versi 2.0 membawa installer baru, yang memungkinkan untuk menginstal perangkat lunak tanpa bergantung pada jenis sistem operasi tertentu. Para pengembang GNU Health telah meningkatkan versi 2.0 dengan menambahkan modul Chagas untuk menyokong bidang penyakit tropis terabaikan dan fungsionalitas pada kunjungan rumah. Pada fungsi terakhir, modul ini telah dilengkapi dengan fitur OpenStreetMap terintegrasi, sehingga para dokter, perawat, dan layanan perawatan rumah dapat dibantu menemukan pasien dengan cepat, sambil memasukkan data spasial yang penting untuk studi demografi dan epidemiologi. Juga tersedia modul yang oleh WHO diklasifikasikan sebagai obat esensial.

Pada sistem informasi rumah sakit, pengguna dapat memperhitungkan lebih baik ketersedian tempat tidur. Dengan bantuan Wizards petugas kesehatan bergerak dari kamar ke kamar atau berdasarkan sistem Physical Status Classification System dari ASA (American Society of Anesthesiologists) yang telah terintergrasi, dapat membantu petugas anestesi menilai kondisi fisik pasien lebih dini, sebelum melakukan tindak operasi. Fitur indek-risiko pada penyakit jantung juga telah direvisi dan sistem pendaftaran identifikasi pasien tidak lupa ditingkatkan.

Sistem Informasi Rumah Sakit dan Kesehatan bebas biaya lisensi ini dapat menangani sebagian besar dari jalur medis pada perawatan pasien, mulai dari penerimaan pasien, proses pengobatan dan penagihan (billing). Sistem perekaman data pasien secara elektronik dapat menyimpan materi berupa gambar seperti hasil MRI, CTG, X-ray dan temuan laboratorium seperti hasil biopsi dan lainnya. Kecuali itu, dalam batas tertentu, GNU Health dapat digunakan sebagai sebuah stasiun sistem informasi kesehatan.

The International Institute for Global Health di Universitas PBB (United Nations University) memanfaatkan GNU Health sebagai meteri untuk pelatihan. Sistem GNU Health mematuhi standarisasi dan persyaratan Internasional yang digunakan secara global baik berupa “Standards International Classification of Disease” maupun “International Classification of Disease Procedure Coding System versi 10 (ICD-10 / ICD-10-PCS)”.

GNU Health berdiri sejak tahun 2006 dan diprakarsai oleh Luis Falcón, yang sampai saat ini masih merupakan pengembang utama dari proyek ini. GNU Health digunakan dalam sektor kesehatan di banyak negara, terutama negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia oleh R.S. Griya Husada Madiun, dan Mojowarno Christian Hospital di Jombang, Jawa Timur.

Komunitas GNU Health di Indonesia menterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia (status pada saat ini 10%). Relawan yang tertarik dapat bergabung mempercepat proses tersebut. Pemanfaatan Open Source dapat membantu dalam membangun rumah-rumah sakit yang sehat, baik yang besar maupun yang kecil, bersama-sama menciptakan masyarakat yang sehat. Hanya masyarakat yang sehat siap melahirkan dokter-dokter yang sehat untuk membangun rumah-rumah sakit yang sehat.

GNU Health dikembangkan oleh organisasi nirlaba GNU Solidario, diimplementasikan dalam Python dan bernaung di bawah lisensi GPLv3. Perangkat lunak meraih penghargaan dari FSF (Free Software Foundation) pada tahun 2011 dan bebas digunakan, dapat diunduh dari situs proyek.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s