Wheezy Dengarkan Ucapan Instal Debian 7.0

Lebih dari dari dua tahun dibutuhkan tim pengembang Debian untuk membangun versi 7.0 alias Wheezy. Sebagai bagian dari sebuah tradisi, nama “Wheezy” diambil dari film layar lebar Toy Story 2, yang kali ini merupakan nama figur Pinguin, dan distro utama Debian 7.0 telah rilis pada hari minggu tanggal 5 Mei 2013.

debian7_bnr2_640

Banyak upaya yang telah diinvestasikan pengembangnya untuk meningkatkan kemampuan Installer dan memperluas dukungan untuk Cloud. Pembaruan terbesar dan yang menjadi tujuan utama pengembangan “Wheezy” adalah dukungan untuk aneka arsitektur atau Multiarch. Wheezy memberi peluang kepada pengguna untuk menginstalasi paket-paket software berasal dari aneka arsitektur dalam satu sistem dan sekaligus menutaskan segala ketergantungannya (dependencies) secara otomatis.

debian7wheezy_install_640Disisi lain, terdapat peningkatan kenyamanan cukup signifikan pada proses instalasi yang memungkinkan instalasi menggunakan ucapan sintesis suara (speech synthesis) dan fitur ini membantu terutama pada pengguna tuna netra saat menginstal sistem operasi Debian, yang tidak lagi memerlukan baris tulisan Braille. Saat ini fitur sintesis suara telah mendukung lebih dari satu lusin bahasa.

Untuk kali pertama Debian telah mendukung instalasi dan pengoperasian pada komputer 64-Bit dengan UEFI (amd64), sementara untuk fitur Secure Boot sedang disusulkan. Dengan demikian Debian 7.0 dapat dipasang bersebelahan dengan Windows 8 di hard-disk yang sama.

Wheezy dibekali lebih dari 36.000 paket software yang dibangun menggunakan tidak kurang dari 17.500 paket kode sumber terbuka. Atas dasar pemikiran stabilitas dan memperhitungkan masa inkubasi proses penstabilan sekitar sepuluh bulan setelah pembekuan fitur, maka paket stabil bawaan Wheezy 7.0.0 sebagian besar berasal dari rilis sebelum pertengah tahun 2012. Keuntungan yang didapatkan pengguna dari kebijakan tersebut, adalah stabilitas yang tinggi dan minimal akan kebutuhan perbaikan. Pengguna yang menghendaki versi yang lebih baru, bila perlu dapat memasang dari lumbung-lumbung repositori Backports resmi Debian, Repositori eksternal, dari paket-paket yang sedang dikembangkan atau dengan cara dan dari sumber-sumber lainnya.

Pustaka multimedia ffmpeg di Wheezy telah ditukar dengan libav, yaitu sebuah fork pencabangan dari ffmpeg yang menjanjikan stabilitas yang lebih baik. Kecuali itu tersedia semua Codecs bebas di lumbung arsip utama (Main-Archive) untuk Wheezy.

Untuk Debian 7.0 digunakan Gnome 3.4 sebagai desktop standar, disamping menyediakan sejumlah lingkungan desktop-desktop atau Window-Manager lainnya, seperti KDE 4.8.4, LXDE 0.5.5 atau Xfce 4.8. Seperangkat paket software utama yang ditawarkan Wheezy antara lain adalah Apache 2.2.22, Asterisk 1.8.13.1, GIMP 2.8.2, GNU Compiler Collection 4.7.2, Icedove 10 (yaitu penjelmaan atau nama lain untuk Mozilla Thunderbird), Iceweasel 10 (nama lain untuk Mozilla Firefox), LibreOffice 3.5.4, MySQL 5.5.30, Nagios 3.4.1, OpenJDK 6b27 und 7u3, Perl 5.14.2, PHP 5.4.4, PostgreSQL 9.1, Python 2.7.3 und 3.2.3, Samba 3.6.6, Tomcat 6.0.35 und 7.0.28, Xen 4.1.4 und X.Org 7.7. Sistim Debian adalah memenuhi persyaratan atau “compliant” dengan standarisasi LSB 4.1.

debian7wheezy_640

Sejak Debian 7.0 ditambahkan dukungan untuk arsitektur armhf, yang dapat digunakan pada berbagai sistem berbasis prosesor jenis ARM, seperti halnya untuk Buffalo Linkstation LiveV3 (LS-CHL), Buffalo Linkstation Mini (LS-WSGL), Toshiba AC100, MX53 LOCO Board, OMAP4 Pandora dan pada nettop Genesi Efika MX Nettops dan Smarttops. Kecuali itu Wheezy juga menyokong agar dapat digunakan pada arsitektur s390x, yaitu versi 64-Bit dari mesin IBM System z yang menggantikan sistem s390.

Target pengembangan lainnya adalah perbaikan pada kwalitas paket-paket software dengan hasil berdampak pada peningkatan kecepatan sistem. Debian 7.0 sekarang sepenuhnya mendukung protokol IPv6 dan sebagai sistem berkas standar digunakan ext4 menggantikan ext3. Sistem berkas Btrfs juga dapat dimanfaatkan pada partisi /boot yang terpisah.

Debian 7.0 telah memperbaiki dukungannya untuk transmisi suara dengan protokol internet VoIP, yang memungkinkan telefoni SIP menembus Firewalls. Untuk itu disediakan fitur-fitur seperti reTurn server, repro SIP proxy dan dlz-ldap-enum. Wheezy juga memperbaiki sistem keamanannya seperti pada otentikasi token dua faktor menggunakan Open Authentication (OATH), mendukung OpenID 2.0 via SimpleID dan AppArmor.

Wheezy juga telah disiapkan untuk berkiparah diawan (cloud) menyediakan dukungan baik untuk suit OpenStack-Suite maupun Xen-Cloud-Platform (XCP). Hal ini akan mempermudah pengguna membangun infrastruktur Cloud menggunakan Debian 7.0. Debian Wheezy juga siap untuk dipasang di Cloud komersil seperti di lingkungan awan Amazon EC2, Windows Azure atau Googles Computer Engine.

Debian 7.0 ditenagai menggunakan kernel versi Linux 3.2 dengan jaminan stabilitas tinggi, sementara versi kernel terkini saat Wheezy diluncurkan adalah Linux 3.9. Dengan demikian bila diperlukan dukungan untuk hardware lebih baru, drivers dari kernel yang lebih kini akan di port mundur untuk Wheezy. Kendati demikian, pada versi ini telah dibekali dengan serangkaian drivers baru terutama untuk perangkat keras jaringan kabel dan nirkabel WLAN, USB dan hard-disk.

Untuk para pengembang, Wheezy menyediakan bahasa pemrograman Perl versi 5.14, PHP 5.4, seperti juga Ruby 1.9. Paket-paket Ruby untuk Debian diakui oleh Rubygems. Pengembang Python disediakan versi 2.7 atau 3.2, sementara Python 2.6 juga didukung oleh Wheezy. GCC (GNU Compiler Collection) yang disertakan adalah versi 4.7.2.

Debian 7.0 mendukung lebih dari 70 bahasa tersedia untuk beragam arsitektur termasuk 32 dan 64-Bit Intel, ARM, PowerPC (powerpc), Oracle SPARC (sparc), MIPS, Intel Itanium (ia64), IBM S/390 (31-bit s390 dan 64-bit s390x) dan ARM (baik armel pada hardware lama, maupun armhf untuk hardware dengan floating point). Pengguna versi Debian Squeeze dapat melakukan peningkatan pada sistemnya menjadi Wheezy menggunakan APT.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s