ROSA Marathon 2012 RP2 Tingkatkan Enterprise Desktop X1

rosa2012marathon_boot_640Perusahan ROSA asal Rusia dan mantan patner dari Mandriva Linux, telah menerbitkan ROSA Marathon 2012 RP2 sebagai peningkatan terhadap Enterprise Desktop (RP1) yang diluncurkan pada bulan Mai 2012 lalu.

Sebagai cabang pengembangan dari ROSA Marathon 2012 adalah ROSA Desktop.Fresh 2012 yang dikembangkan oleh komunitas dengan beberapa varian yang mengintegrasikan KDE SC, GNOME dan LXDE sebagai lingkungan desktopnya. ROSA Marathon 2012 yang menjanjikan dukungan jangka panjang minimal selama 5 tahun, merupakan Desktop skala perusahan yang menggunakan Mandriva Linux sebagai basis dan komponennya banyak yang berasal dari pengembangan ROSA Desktop.Fresh yang telah menjadi stabil. ROSA Marathon 2012 RP2 mengemas Kernel 3.0.69 dan mendapatkan ribuan perbaikan, merupakan edisi LTS (Long Term Support) yang mengintegrasikan paket-paket stabil berasal dari Edisi ROSA Desktop.Fresh 2012 yang telah beredar sejak Desember 2012 (KDE) dan Pebruari 2013 (GNOME).

Desktop yang sangat mirip dengan Mandriva ini telah meningkatkan paket-paket software versi LTS termasuk: LibreOffice 3.6.4, Firefox 17.0.4 dan Thunderbird 17.0.4. Pembaruan kali ini misalnya menyediakan opsi kepada calon pengguna untuk mengatur layanan sesuai dengan keperluan pada saat instalasi berlangsung, seperti halnya pada layanan untuk Samba, OpenVPN, CUPS atau SSH. Peningkatan juga dilakukan pada sistem pengelolaan paket dan sebagai basis data untuk RPM disertakan sistem RPM 5.4 dan BerkeleyDB 5.2. Sistem konfigurasi Drakut juga mendapatkan peyesuaian untuk meningkatkan stabilitas pada sistem yang menggunakan kartu dengan prosesor buatan AMD dan Nvidia.

Media ROSA Marathon 2012 RP2 yang diterbitkan dan tersedia untuk publik, menyertakan paket software dengan perbaikan terkini (status bulan April 2013), baik untuk arsitektur 32 maupun 64 bit..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s