Awalnya Android Dirancang Untuk Kamera Digital

andy_rubin_android_640

andy_rubin_android_640Pencipta dan pendiri sistem operasi Android Andy Rubin menyingkapkan bahwa Android awalnya bukan diciptakan untuk Smartphone melainkan untuk kamera digital. Strategi pengembangan kemudian berubah setelah melihat pasar Smartphone lebih menjanjikan.

Andy Rubin mengungkapkan hal tersebut di ajang konferensi “New Economic Summit 2013” pada tanggal 16 April 2013 yang diliput ITmedia. Dari pemberitaan tersebut, Andy Rubin sebagai penemu Android dan memimpin divisi yang sama di Google sampai Maret 2013, memaparkan hari-hari pada awalnya Android dikembangkan. Perusahan Android didirikan pada akhir 2003, dan belum sampai dua tahun kemudian telah diakuisisi oleh Google pada bulan Agustus 2005.

Sebelumnya pada bulan April 2004, dalam upaya mencari investor, Android sempat dipresentasikan sebagai sebuah sistem operasi untuk kamera digital. Karena volume penjualan kamera digital kemudian diproyeksikan lebih rendah daripada smartphone, perusahaan mengubah orientasinya. Lima bulan kemudian, Android telah disulap menjadi sebuah sistem operasi open source untuk perangkat mobile. Ketika Android diambil alih Google setahun kemudian, kamera digital sudah tidak lagi menjadi fokus pengembangannya.

Tujuan yang ingin dicapai Android pada saat itu terutama untuk menyediakan sistem operasi smartphone untuk produsen tanpa perlu membayar royalti atau bebas pungutan lisensi (pungli). Pada era yang sama tersedia Symbian dan Microsoft Windows Mobile sebagai platform smartphone utama, sementara Android hanya tercatat sebagai oposisi, dimana posisi seperti terjadi pada saat ini belum diantisipasi dan masih diimpikan perusahan.

Menurut Andy, pada tahun 2010 ditargetkan pangsa pasar sebesar 9 persen, namun pada kuartal keempat tahun 2010, tidak diduga pangsa pasar Android telah meningkat menjadi hampir 33 persen. Setelah mengalami penanjakan tajam, pangsa yang diraih Android hampir 70 persen pada kuartal keempat 2012.

kamera_galaxy_samsung_640Android yang dominan dikembangkan sebagai sebuah platform smartphone, saat ini membidik sukses yang sama untuk tablet. Walaupun Android kemudian tidak serius dirancang untuk kamera, namun salah satunya Samsung telah coba-coba meluncurkan Galaxy Kamera pada musim gugur 2012.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s