15 Tahun Untuk Dunia Web Yang Lebih Baik

Planet Firefox

mozilla_maskot_300Dengan moto “15 Tahun Untuk Web Yang Lebih Baik“, proyek Mozilla merayakan hari jadinya yang ke lima belas, yang pada awalnya berupa pendirian proyek sumber terbuka bernama Mozilla pada tanggal 23 Pebruari 1998. Terhitung mulai 31 Maret 1998, proyek Mozilla mulai melakukan aktifitasnya dan tanggal inilah yang dijadikan acuan sebagai hari lahirnya Mozilla. Proyek Mozilla yang kemudian menjadi tempat bernaung untuk browser Firefox dan klien email Thunderbird, saat pendiriannya telah dibekali dengan kode sumber berasal dari Netscape Navigator, dihibahkan oleh perusahan Netscape Communications Corporation.

Dalam perang browser melawan pendatang baru Internet Explorer besutan Microsoft di tahun-tahun sebelumnya, Netscape terpaksa mundur dari persaingan dengan perusahaan yang berkantor pusat di Redmond itu, yang telah menempatkan Internet Explorer dengan kekuatan pasar, seraya menggabungkannya pada sistem operasi Windows yang telah menguasai pasar pada saat itu.

Semangat open source yang mengiringi Mozilla ternyata telah mendapatkan sambutan baik dari para relawan pemrogram dalam mengembangkan alat berselancar ini. Pada bulan Juni 2002, proyek Mozilla berhasil meluncurkan Mozilla 1.0, yaitu sebuah suit web yang terdiri dari Web-browser, program klien email, klien IRC, news reader dan editor HTML. Pada era yang sama, Internet Explorer dibundel Microsoft pada setiap versi Windows, dan sudah mengantongi pangsa pasar lebih dari 90 persen di dunia maya.

Ketika Mozilla diluncurkan, telah terjadi terobosan-terobosan proyek open source, termasuk GNU, Linux dan BSD, Apache, disamping versi awal dari lingkungan desktop Gnome dan KDE, dan banyak lagi lainnya. Yang baru kali ini adalah lisensi Mozilla yang diberlakukan berupa Mozilla Public License (MPL), yang menjanjikan hak-hak yang luas dan campuran dengan kode berpemilikan (proprietari). Lantaran MPL tidak kompatibel dengan GPL, maka sebagian besar dari kode Mozilla berada di bawah tiga jenis lisensi MPL, GPL dan LGPL.

Sebagai proyek yang menjanjikan, browser web sejati dari tim Mozilla yang saat itu masih bernama Phoenix, disengketakan namanya secara hukum, akhirnya memilih Firefox sebagai nama browser yang sampai saat ini dikenal publik dengan baik. Pada tahun 2003 yang sama, yayasan non-profit Mozilla Foundation didirikan, dalam sebuah kerangka kelembagaan untuk memberikan landasan bagi pengembangan browser dan email client Thunderbird secara terbuka, sekaligus menjadi independen dari perusahan Netscape.

Setelah melampaui sejumlah rilis awal, akhirnya tiba saatnya bagi Firefox 1.0 untuk tampil percaya diri pada akhir 2004. Rilis ini mendapat sambutan yang baik dari publik dengan alasan lebih ramping, dan menjadi lebih cepat, lebih efisien dan lebih powerful dibandingkan saingannya yang dibundel bersama Windows. Lima tahun setelah kehadiran proyek ini, Firefox merebut pangsa pasar dunia sebesar 25 persen, dan merupakan nomor dua setelah Internet Explorer. Di Eropa, seperti halnya di negara Jerman, bahkan tercatat pangsa pasar sekitar 40 persen.

Misi utama proyek Mozilla saat ini telah terpenuhi, dalam menjamin ketersediaan sebuah pilihan di dunia maya. Namun fokus dari Mozilla selanjutnya adalah menjaga agar web tetap merdeka dan terbuka, seraya melanjutkan penyempurnaan dari browser Firefox. Untuk memenuhi hal itu organisasi ini sangat aktif menjaga agar standarisasi untuk Web tetap terbuka, telah mengembangkan sistem operasi Firefox OS yang menggunakan platform terbuka HTML5/CSS/JavaScript, agar tersedia alternatif terhadap platform mobile yang ada seperti Apple, Google dan Microsoft, yang kian hari tambah menutup diri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s