Ubuntu Kylin: Sistem Operasi Standar Untuk China

ubuntu_standar_cina_640Kementrian Teknologi Industri dan Informasi Cina telah memilih Ubuntu sebagai basis atau referensi arsitektur untuk sistem operasi komputer. Bekerjasama dengan China Software and Integrated Chip Promotions Centre (CSIP), dibawah Kementerian Industri dan IT, Canonical sebagai pembuat Ubuntu dan National University of Defense Technology di Cina (NUDT), dalam kerangka CCN Open Source Innovation Joint Lab, bahu membahu membangun sistem operasi varian Ubuntu Kylin, khusus untuk kebutuhan pasar Cina.

Ubuntu Kylin pertama, rencananya akan diluncurkan bersama dengan rilis Ubuntu 13.04 RR (Raring Ringtail) yang dijadwalkan pada tanggal 25 April 2013. Kylin dibekali dengan kemampuan untuk mendukung karakter tulisan dan kalender Cina, disamping mengintegrasikan layanan web Cina, termasuk integrasi Baidu Maps, Taobao sebagai pesaing Amazon ala Cina berikut integrasi sistem pembayaran yang melibatkan bank-bank di Cina, daftar dan jadwal perjalanan angkutan umum (darat, laut dan udara), seperti juga suit office WPS yang popular di China. Produk pertama Ubuntu Kylin akan digunakan untuk desktop dan komputasi awan, kemudian disusul penggunaan lainnya seperti untuk server, tablet dan smartphone.

Ubuntu Kylin diharapkan nantinya akan digunakan secara luas sebagai referensi untuk sistem operasi yang fleksibel dan terbuka. Kesempatan yang sama juga merupakan bagian dari rencana lima tahun Cina yang dirancang untuk mempromosikan penggunaan perangkat lunak sumber terbuka guna meningkatkan akselerasi pengembangan ekosistem open source di Cina.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s