20 Tahun Kehadiran NetBSD

Aplikasi NetBSD

NetBSD adalah sistem operasi UNIX bebas atau UNIX-like, yang diturunkan dari proyek 386BSD. Seperti halnya pada FreeBSD, awal dari pengembangan sistem ini sebagian besar didasarkan pada 4.3BSD dan 4.4BSD Lite (dimana penomoran 4.3 dan 4.4 merupakan nomor versi) yang kode sumbernya tersedia secara bebas. Alasan untuk pengembangan NetBSD (dan waktu yang hampir bersamaan dengan FreeBSD) disebutkan bahwa para pengembangnya merasa frustrasi berkaitan dengan proses patch yang sangat lambat di 386BSD.
20-tahun-netbsd_640
Keempat pendiri dari proyek NetBSD, Chris Demetriou, Theo de Raadt, Adam Kaca dan Charles Hannum, beranggapan bahwa model pengembangan yang terbuka akan lebih bermakna bagi proyek untuk menghasilkan kode yang bersih, portabel dan benar. Mereka bekerjasama membangun NetBSD dengan tujuan untuk menghasilkan sistem operasi yang terpadu, multi-platform, berbasis BSD dan berkualitas untuk siap digunakan sebagai sistem produktif.

Nama “NetBSD” disarankan oleh de Raadt, berdasarkan kepentingan dan pertumbuhan jaringan seperti Internet yang pada saat itu mulai tumbuh pesat, seperti juga sebagai sifat pengembangannya yang kolaboratif. Sementara FreeBSD dilahirkan dengan konsentrasi pada mesin x86, maka NetBSD mengutamakan portabilitas dan sekarang pada versi 6.0 tersedia dan dapat dijalankan pada 57 jenis arsitektur, didukung dengan skala prioritas yang sama.

Lumbung repositori dari kode sumber NetBSD didirikan pada tanggal 21 Maret 1993, dua puluh tahun yang lalu, yang disepakati sebagai hari jadi proyek NetBSD. Rilis resmi pertama berupa NetBSD 0.8, diluncurkan pada bulan April 1993, yang dibangun dari 386BSD 0.1 ditambahkan versi 0.2.2 patchkit, dengan meng-integrasikan beberapa program berasal dari rilis Net/2 yang kurang di 386BSD, disamping melakukan aneka perbaikan lainnya.

Rilis versi NetBSD 1.0, multi-platform pertama, diterbitkan pada bulan Oktober 1994, dimana pada tahun yang sama, salah satu pendiri, Theo de Raadt, meninggalkan proyek NetBSD untuk kemudian pada akhir tahun 1995, mendirikan sebuah proyek baru bernama OpenBSD, yang menggunakan versi cabang dari NetBSD 1.0.

netbsd_liberty_640Sampai dengan tahun 2004, NetBSD 1.x dirilis sekitar setiap tahun sekali dengan koreksi minor diantara interval rilis tahunan. Sistem penomoran rilis kemudian berubah sejak rilis 2.0 yang disusul dengan 3.0, 4.0 dan seterusnya.

Banyak fitur baru dan perbaikan selama bertahun-tahun pengembangannya telah diterapkan di NetBSD, misalnya untuk sistem penyimpanan mass storage, pada sistem jaringan dan di seputar virtualisasi, termasuk pada skalabilitas SMP. Meskipun penyebaran NetBSD relatif rendah, para pengembangnya menilai sebagai sebuah keberhasilan. NetBSD telah digunakan terutama dalam penelitian dan pendidikan, sebagai server dan desktop di berbagai sistem dengan arsitektur yang beragam. Banyak hasil pengembangan, seperti sistem portabel port: pkgsrc, dan koleksi paket software NetBSD dimanfaatkan untuk proyek sumber terbuka lainnya, termasuk di Linux.

Versi pengembangan NetBSD saat ini adalah 6.0 (6.0.1) yang diluncurkan pada musim gugur 2012, sejajar dengan pengembangan jalur 5 yang telah menyediakan versi 5.2. Sejak versi 6.0 dilakukan peningkatan tipe data time_t menjadi 64-bit, disamping menyediakan kerangka kerja baru untuk modul kernel, sebuah pengelola Volume logis  (LVM), NetBSD Packet Filter NPF yang baru, sebuah subsistem flash, perbaikan pada emulasi Linux pada virtualisasi, dukungan hardware dan banyak pembaruan lainnya. Versi NetBSD mendatang adalah 6.1, yang pada saat ini dalam proses menuju tinggal landas.

Selamat Ulang Tahun ke 20 untuk NetBSD!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s