Distro Forensik CAINE “Pulsar” 4.0

Diberi nama “Pulsar”, adalah nama kode dari rilis distribusi Linux CAINE versi 4.0 untuk keperluan forensik. CAINE menggunakan Ubuntu sebagai basis pengembangannya dan menambahkan serangakaian perkakas untuk menyelamatkan data dan melakukan uji keamanan.

Caine Pulsar 4.0
Caine Pulsar 4.0

Dalam melakukan analisis forensik, CAINE (akronim dari “Computer Aided Investigative Environment”) mendukung penggunanya dengan antarmuka grafis yang tampan, disamping menyediakan fitur menarik yang dapat menciptakan laporan semi-otomatis berdasarkan hasil dari proses analisis.

Kecuali itu, Pulsar juga menyertakan Rbfstab dan Mounter. Perkakas yang pertama memungkinkan perangkat terhubung (mounted) dengan aman dalam modus read-only, agar dapat memulai sebuah analisis. Yang kedua adalah untuk menyediakan antarmuka grafis dengan mengaktifkan drive yang dibantu Rbfstab.

Disamping Kernel Linux versi 3.2, paket software baru lainnya yang disertakan di Caine 4.0 adalah termasuk LibreOffice 4.0.1, Sqliteman, Sdparm, Remote Filesystem Mounter dan Netdiscover.

Tentang CAINE:
CAINE (Computer Aided INvestigative Environment) adalah sebuah distribusi GNU/Linux live asal Italia untuk Digital Forensics. CAINE menyediakan lingkungan forensik yang lengkap dengan mengintegrasikan software modul perkakas dengan menambahkan antarmuka grafis yang ramah pengguna. Tujuan utama CAINE adalah dengan semangat filosofi Open Source seutuhnya, menjamin adanya lingkungan interoperabilitas yang mendukung penyidik digital dalam empat fase penyidikan digital, antarmuka grafis yang ramah pengguna dan kompilasi semi-otomatis untuk laporan akhir. Pimpro saat ini 2013 adalah Nanni Bassetti.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s