Pembaruan di openSUSE 12.3

Opensuse 12.3 yang telah ditunggu, tiba tepat waktu dan sesuai jadwal, membawa banyak pembaruan seperti disain tampilan desktop baru yang dianggap lebih elegan, banyak perangkat lunak yang diperbarui, dan sejumlah perbaikan teknis. Salah satu yang terpenting mencakup kemampuan untuk dijalankan pada sistem hardware dengan persyaratan UEFI, pada sistem dengan Secure Boot yang diaktifkan, walaupun memerlukan sedikit pengaturan secara manual.
susie123_temukan_bug_640
Proses booting, sekarang sepenuhnya dikendalikan via systemd yang juga bertanggung jawab terhadap fitur Hibernate dan Suspend, seraya melengserkan SysV. Seperti sebelumnya telah diungkapkan, openSUSE 12.3 telah merangkul MariaDB sebagai pengganti MySQL untuk database default di stack LAMP (Linux, Apache, MariaDB dan PHP).

opensuse123_desktop_640
openSUSE 12.3 Desktop

openSUSE 12.3 dibangun memberdayakan versi kernel 3.7, GNOME 4.10 dan KDE 3.6. Desktop lainnya seperti XFCE 4.10, LXDE, Enlightenment 0.17 (E17) juga telah disiapkan. Kernel 3.7 termasuk versi paling kini yang penuhnya mendukung sistem berkas CIFS SMB 2.1. NFS 4.1 kini telah stabil, sementara MD RAID mendukung operasi TRIM.

Perubahan lain pada openSUSE 12.3 termasuk pembaruan dari sistem yang ada dan aplikasi sistem. PulseAudio diangkat ke versi 3, dan memungkinkan dukungan untuk antara lain pada Bluetooth audio, peningkatan kualitas pada AD2P dan pada virtual surround. Alat btrfs “Snapper” dalam versi baru ini juga membuka peluang bagi pengguna awam untuk membuat snapshot atau cetakan dari sistem.

opensuse123_file_manager_640
openSUSE 12.3 File Manager

Desktop KDE 4.10 membawa Print Manager baru dan integrasi Bluetooth ditingkatkan. “Desktop semantik” Nepomuk terpasang memiliki sistem pengindeks file baru yang diklaim bekerja lebih cepat dan lebih efisien ketimbang Strigi dan sumber daya dapat dikonfigurasi lebih rinci.

Gnome 3.6 membawa perbaikan pada sistem pemberitahuan, file manager Nautilus dan integrasi akun Facebook, Windows Live dan Exchange dalam pengelolaan akun untuk desktop lebih baik. Dengan melibatkan Boxes, Gnome sekarang dapat memiliki perkakas untuk mengelola mesin virtual yang diklaim lebi jelas jelas ketimbang pengelola Virt-.

openSUSE 12.3 Application
openSUSE 12.3 Application

Software Aplikasi yang telah diperbarui termasuk Digikam 3.0 yang sekarang dapat menciptakan slideshow dalam berbagai format video, sementara gambar dapat diakses perangkat lain melalui jaringan DLNA. LibreOffice masih di dalam versi 3.6 (versi saat ini LibreOffice 4.0). Perkakas PIM, Kontact 4.10 (KDE) dan Evolution 3.6.3 (Gnome), telah diperbaiki untuk meningkatkan kinerja pencarian surel. Versi 2.7 dari KDE audio player Amarok membawa desktop dan integrasi iPod yang lebih baik. VirtualBox 4.2 mendukung Windows 8 sebagai tamu dan memungkinkan pembatasan bandwidth pada jaringan untuk mesin virtual.

Penyertaan software lainnya yang diumumkan bersama rilis RC2 termasuk Firefox 19.0, LibreOffice 3.6.3, GIMP 2.8.2, DigiKam 3.0, GCC 4.7.2, Xorg X Server 1.13.2, Wine 1.5.23, dan PulseAudio 3.0.

Samba 4 barangkali tidak ditemukan pada rilis ini, untuk itu akan digunakan Samba 3.6.12 sebagai standar bawaan 12.3. Pasalnya, Samba 4 disertakan karena terbit setelah jadwal pembekuan kinerja “Feature Freeze”.

Beberapa fitur utama yang dijagokan kali ini antara lain:

  • Dukungan ‘Secure Boot’: Pengembangnya memastikan bahwa openSUSE 12.3 tidak terjebak pada hardware baru dan tanpa masalah dipasang di mesin yang tertanam fitur UEFI. Poortvliet menghargai kerja keras tim pengembang untuk menyiasati teknologi Secure Boot berupa Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) yang banyak ditemukan di hardware untuk Windows 8, yang booting memerlukan verifikasi berupa “digital signature”.
  • Desktop E17: openSUSE 12.3 kini menyertakan lingkungan desktop E17 “Englightenment” agar bisa tampil seindah Bodhi Linux, berikut paket Sawfish dan window manager baru.
  • Opsi basis data baru: Ditambahkan di openSUSE 12.3 adalah basis data open source PostgreSQL 9.2 dengan dukungan Native JavaScript Object Notation (JSON). Sementara MariaDB menggantikan MySQL sebagai database default.
  • Dukungan di Awan: Pengguna cloud pada openSUSE 12.3 telah didukung oleh rilis OpenStack “Folsom” yang lengkap

Media yang resmi diterbitkan terdiri dari LiveCD masing-masing dengan GNOME dan KDE, Media addon untuk bahasa dan kumpulan paket NonOSS disamping media DVD utama sebagai installer. Semuanya tersedia, baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s