Aneka Variasi Rilis Puppy Linux 5.5

Pengembang Puppy Linux tampilkan secara bertahap aneka edisi dari keluarga Puppy 5.5 dalam beberapa varian seperti Wary, Racy, Slacko dan Precise, dalam kondisi telah mendapatkan banyak perbaikan dan pembaruan.

Puppy Linux adalah keluarga distribusi Linux independen, yang semuanya dirancang untuk memenuhi persyaratan pada komputer dengan memori terbatas. Puppy juga akan berjalan dengan baik pada komputer usang, dan cukup dengan memori mulai dari 256 MB RAM, sistem selengkapnya bisa jalan langsung dari memori (RAM).

Puppy Linux dikompilasi dengan sistem khusus bernama Woof. Woof dapat mengambil dan memanfaatkan paket binari dari setiap distro lain untuk menghasilkan distro baru. Versi 4.x dari Puppy berdasarkan distribusi meta-T2, demikian juga Quirky yang dianggap masih dalam pengembangan Puppy eksperimental. Contoh lainnya adalah Pupeee, yaitu distribusi untuk netbook, dan sebagian besar turunan lainnya yang disebut sebagai Puplets.

puppy55_racy_640 Barry Kauler dan anggota tim pengembangan lainnya telah memperbarui rilis empat varian dari Puppy Linux, yang semuanya didasarkan pada versi 5.5 terkini. Wary dan Racy versi baru (2013-03-03) telah dikembangkan selama sebelas bulan terakhir. Sementara Wary ditargetkan untuk komputer usang, Racy membutuhkan hardware yang lebih moderen dengan cakupan yang lebih luas. Tanpa perubahan pada Perpustakaan dasar, banyak perbaikan telah dilakukan pada sistem Woof dan beberapa aplikasi yang disertakan telah diperbarui.

Wary 5.5 menyertakan Linux 2.6.32.59 dikonfigurasi untuk CPU-i486 tunggal, dan mengandung banyak driver dan modem analog tambahan lainnya. Racy 5.5 mendapatkan kernel yang lebih baru, versi 3.0.66, yang juga mendukung SMP, dan menggunakan sistem X Window lebih baru.

puppy55_slacko_640Varian Puppy yang didasarkan pada Slackware berupa edisi Slacko Puppy dirilis dengan versi 5.5 (2013-03-06). Edisi ini didasarkan pada paket Slackware 14.0 dan kompatibel di level binari. Dengan demikian Slacko Puppy dapat memanfaatkan Paket dari repositori Slackware, Salix dan Slacky. Diantara fitur-fitur baru pada Slacko Puppy adalah termasuk perbaikan dalam SFS dan  update manager, memperbarui versi kernel (LTS), dukungan yang lebih baik untuk grafik dengan KMS dan Mesa, ketersediaan driver video proprietari dari Nvidia dan AMD, serta perbaikan dalam internasionalisasi. Sebagai web browser standar digunakan Firefox, browser lainnya dapat dipasang  menggunakan browser web utama lainnya tersedia melalui Package Manager untuk Puppy.

puppy55_precise_640Edisi rilis terakhir Puppy Linux 5.5 “Precise” (2013-03-10), merupakan distribusi kecil yang kompatibel dengan Ubuntu 12.04.2 (Precise Pangolin) di tingkat paket binari. Puppy Precise 5.5 dibangun dari paket 12.04.2 Debs, yang memberi kenyamanan kepada pengguna dalam memanfaatkan paket software dan repositori termasuk infrastruktur Ubuntu. Banyak perbaikan bug dan perbaikan dilakukan di tingkat Woof sejak rilis 5.4.3 Precise sebelumnya, disamping peningkatan atau upgrade, sehingga pantas menjadi bagian dari kelompok peluncuran rilis 5.5.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s