CentOS Diperbarui Ke Versi 6.4

CentOS 6.4
CentOS 6.4

Pada tanggal 9 Maret 2013, Karanbir Singh mengumumkan ketersediaan dari CentOS 6.4, baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit, menyusul penerbitan sistem operasi (Red Hat) EL 6.4 dan Oracle Linux 6.4 beberapa hari sebelumnya.

Seperti RHEL, CentOS 6.4 merupakan sebuah sistem operasi Linux skala perusahan atau “Enterprise-class Linux Distribution” yang diturunkan langsung mengunakan kode sumber yang bebas disediakan oleh “Upstream OS Provider” (tepatnya Red Hat). Versi ini merupakan peningkatan ke empat dari CentOS 6, yang pada hakekatnya menyingkirkan semua kekliruan yang sementara ini dilaporkan, disamping melakukan sejumlah peningkatan dan penambahan fitur, seperti juga fungsi-fungsi baru, sejalan dengan ketersediaan hardware baru di pasaran.

Berbeda dengan RHEL, CentOS-6.4 menggabungkan semua paket dan repositori dari semua varian untuk versi yang sama menjadi satu dalam rilis medianya, agar pengguna lebih nyaman memanfaatkannya. Pada rilis kali ini terdapat sejumlah perubahan mendasar (fundamental) dibandingkan rilis seri CentOS-6 sebelumnya. Karena itu, pengguna disarankan untuk menyimak Release Notes CentOS 6.4 atau Techical Notes dari RHEL 6.4 tentang masing-masing perubahan dan dampaknya terhadap instalasi anda.

Mereka yang telah menggunakan versi CentOS 6.x lebih tua, dapat melakukan peningkatan atau upgrade, cukup menggunakan komando “yum update”. Dan menurut pemberitahuan rilis, disarankan agar sebelumnya memeriksa dengan mengeksekusi perintah “yum list updates” untuk mengetahui daftar paket dan dimensi jumlah paket software yang perlu diunduh oleh sistem pada proses peningkatan nanti.

Barang siapa saat ini sedang menjalankan CentOS 6 dengan mengaktifkan repositori dengan “centos-cr repositories enabled”, beruntung secara otomatis telah memiliki CentOS-6.4 sekarang, karena sejak dua minggu sebelumnya lumbung repo telah dilengkapi dengan update rpm untuk rilis ini.

Beberapa peningkatan terpenting pada CentOS 6.4 termasuk:

  • Driver untuk Microsoft Hyper-V telah ditambahkan agar CentOS dapat dijalankan lebih baik dan efisien di Virtual Machine menggunakan server dengan Microsoft Hyper-V;
  • Pustaka Samba4 yang tersedia bersama paket samba4-libs, telah ditingkatkan ke versi terkini, guna memperbaiki interoperabilitas dengan domain Active Directory (AD). Sebelum meningkatkan CentOS-6.3 yang telah terpasang Samba ke versi CentOS 6.4, pastikan anda  telah mencopot Samba4 terlebih dahulu agar tidak sampai terjadi konflik saat melakukan proses upgrade.

Keterangan lebih lengkap, dapat disimak di siaran pers dan catatan rilis terkait dengan penerbitan CentOS 6.4

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s