MariaDB 5.5.29 Dengan Galera Cluster Telah Rilis

mariadb_640Turunan MySQL MariaDB dengan varian cluster Galera, yaitu versi MariaDB Galera Cluster 5.5.29 telah tersedia, Edisi ini mendukung penyelarasan replikasi multi master atau “synchronous Multi Master Replication” yang memungkinkan baca dan tulis pada basis data di semua simpul.

MariaDB adalah turunan basis data Oracle MySQL, namun menerapkan lisensi bebas GNU/GPL. Nama MariaDB diturunkan dari nama putri ketiga Michael “Monty” Widenius, pendiri Monty Program dan MySQL. MariaDB memiliki banyak fitur yang sejak lama telah dipelihara komunitas sehingga menurut Monty seharusnya sangat stabil.

MariaDB telah mengganti InnoDB dengan XtraDB yang juga telah mendapat perbaikan dari Google dan Percona. XtraDB diklaim secara signifikan bisa jalan lebih cepat dibandingkan InnoDB, disamping ia juga bisa digunakan tanpa perlu memasang Plugin seperti halnya pada MySQL.

Bersama dengan peluncuran MariaDB Galera Clusters 5.5.29, Yayasan MariaDB meningkatkan portofolionya dengan fitur “synchronous Multi Master Replication”. Untuk itu, pengembang MariaDB telah menginplementasikan teknologi “Galera Cluster” yang dikembangkan oleh Codership dan ditanamkan langsung di sistem pengelolaan basis data MariaDB. Solusi ini memungkinkan replikasi terselaraskan (synchronous replication) dengan topologi Multi Master. Proses membaca dan menulis di basis data dapat dilakukan di semua simpul, dimana sistem ini juga secara otomatis dapat mendeteksi simpul-simpul yang tidak terjangkau dan mengabaikannya dari Cluster. Sebelumnya di sistem MariaDB hanya tersedia fitur “semi-synchronous Replication“.

MariaDB Galera Cluster 5.5.29 diterbitkan dibawah naungan lisensi bebas GNU/GPL. Paket binari, termasuk kode sumbernya dapat langsung diunduh dari situs pengembangnya. Serupa dengan produk komersial lainnya, dukungan untuk perusahan tersedia antara lain dari SkySQL, perusahan pendukung yang didirikan oleh mantan pimpinan dan investor MySQL AB yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s