Panduan Linux From Scratch 7.3

Tim komunitas penyusun panduan “Linux From Scratch” (LFS) telah menerbitkan versi 7.3 buku panduan membangun sistem operasi “Linux dari Nol”. Mengikuti petunjuk Linux From Scratch yang menjelaskannya langkah demi langkah, pembaca dapat membangun sebuah distribusi Linux yang pas dengan seleranya masing-masing, mulai dari Nol dan dikompail langsung dari kode sumber berikut paket software yang disediakan.

Linux From Scratch 7.3
Linux From Scratch 7.3

Membangun sistem operasi Linux sambil bertualang menggunakan LFS (Linux From Scratch) yang saat ini telah terbit dalam versi 7.3, pembaca diberikan bimbingan secara bertahap, bagaimana sistem Linux selengkapnya dibangun dari kode sumbernya termasuk aplikasi yang dibutuhkan.

Memasang LSF dibutuhkan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan instalasi Linux pada distribusi biasa yang menggunakan paket siap pakai dan dipasang menggunakan perkakas pengelola paket. Namun dalam hal ini, pengguna yang bertualang menggunakan petunjuk LFS akan mendapatkan sistem operasi yang khusus atau khas sesuai dengan keinginannya.

Bersama dengan versi buku LFS 7.3 aktual, tersdiakan di lumbung LFS bahan baku berupa Kernel Linux 3.8.1, disamping Toolchain yang terdiri dari binutils-2.23.1, glibc-2.17 dan gcc-4.7.2. Sejak rilis buku versi 7.2 pada awal Januari lalu telah dilakukan pembaruan terhadap tidak kurang dari 31 Paket software. Disamping Kernel dan serangkaian Toolchain yang disebutkan diatas, juga telah diperbarui antara lain Coreutils, Bison, Gawk, Sed, MPC, Texinfo, TCL, Udev dan Util-Linux.

Untuk membuat sistem Linux pribadi dari Nol menggunakan petunjuk LFS, dibutuhkan sebuah komputer yang tertanam sistem operasi Linux dengan versi Kernel 2.6.25 atau lebih baru. Kecuali itu, sebuah kompiler GNU C Compiler (GCC) versi 4.1.2 atau lebih baru, namun pemgembangnya menyarankan lebih baik mennggunakan versi GCC diatas 4.7.2, karena versi tersebut belum sempat dicoba. Sementara itu, untuk Glibc disarankan untuk menggunakan mulai versi 2.17 dan untuk Binutils lebih baik diatas versi 2.23.1.

Pengguna yang berhasil menginstalasi LSF dijamin banyak belajar dan mengerti cara kerjanya sebuah sistem operasi Linux. Pengguna dapat menentukan setiap komponen yang akan digabungkan, dan bahkan sudah bisa jalan dengan spasi hard-disk minimal 5MB.

Buku LFS 7.3 tersedia dan dapat dibaca langsung daring (secara online) atau diunduh berupa berkas HTML untuk dibaca luring. Di masa lampaui, pada beberapa versi sebelumnya, juga tersedia live CD yang disamping menyertakan buku petunjuk LFS, juga membundel paket-paket software yang diperlukan untuk versi LFS masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s