AOSI Persiapkan Indonesia Creative Open Source Software “ICrOSS 2013”

Indonesia Creative Open Source Software 2013
Indonesia Creative Open Source Software 2013

Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) kembali menyelenggarakan Pertemuan  Open Source dan saat ini sedang mempersiapkan ajang konferensi ICROSS-2013 (Indonesia Creative Open Source Software) yang dijadwalkan pada bulan April 2013. Acara akbar ini merupakan lanjutan dari ajang GCOS-2009 (Global Conference on Open Source) yang sukses digelar tiga setengah tahun lampau

Perhelatan skala Nasional ICrOSS-2013 ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan kerjasama antara industri, regulator, komunitas dan masyarakat untuk memperdalam keterlibatannya pada ekosistem pengembangan industri berbasis teknologi Open Source.

Dengan demikian, diharapkan dari ajang seputar Open Source ini akan mampu memberikan masukan positif kepada industri dan regulator dalam pemahaman penerapan materi Open Source untuk menghadapi tantangan kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk dan solusi yang legal, bebas dan efisien.

Acara ICrOSS-2013 yang akan digelar terdiri dari konferensi terbuka yang melibatkan pakar Nasional dan Internasional, Workshop meningkatkan keterampilan pemanfaatan OSS, Kompetisi keamanan berhadiah jutaan, Pertemuan berbagai Komunitas OSS dan Pameran produk OSS, yang digelar selama dua hari, dijadwalkan pada tanggal 24-25 April 2013 di Gedung Balai Kartini, Jl. Gatot Subroto Jakarta.

Ajang ICrOSS-2013 mengangkat empat topik utama: Kreatifitas, Keamanan,  Green & GeoSpatial dan Komputasi Awan, yang semuanya erat kaitannya dengan OSS.

Tema Kreatifitas membahas Industri bidang ini yang sedang berkembang pesat di tanah air dan secara praktis akan melibatkan alat bantu software seperti Gimp untuk pengolahan grafis, Blender untuk animasi, Audacity untuk audio, JQuery, Firefox, dan ribuan lainnya yang telah berkontribusi menjadi bagian dari sebuah proses kreatifitas. Topik ini diselenggarakan atas kerjasama erat dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementrian BUMN.

Tema Open Source untuk Keamanan diselenggarakan dan mendapatkan bobot dari kerjasama dengan ID-SIRTII, Kementerian Pertahanan RI dan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII). Ragam dan jangkauan alat bantu keamanan berbasis open source tersedia mulai dari komponen yang memiliki fungsi spesifik seperti network protocol analyzer, sniffer, firewall, proxy, IPS/IDS, maupun yang berupa software terintegrasi seperti Backtrack, Nagios, dan lainnya.

Open Source untuk Green & GeoSpatial, merupakan salah satu isu terkini didunia ICT untuk menyikapi keinginan akan Green ICT dan system informasi spasial, dimana penerapannya melibatkan dan tergantung pada kontribusi masyarakat luas. Teknologi pengembangan open source secara gotong royong diharapkan menularkan karakter yang dapat mendukung pengembangan kolaboratif perangkat lunak open source geospasial agar dapat digunakan dikembangkan secara luas. Tema ini dimungkinkan atas kerjasama dengan Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Topik Open Source dan Komputasi Awan yang diselenggarakan bekerjasama dengan PANDI, APJII dan Kementrian Riset dan Teknologi, akan membahas seputar teknologi dan software open source, baik untuk cloud pribadi maupun publik. Platform OpenStack merupakan salah satu topik yang akan dibawakan oleh vendor software open source internasional.

Kompetisi “Cyber Defence” dengan hadiah menarik nantinya merupakan ajang pertandingan antar pakar keamanan dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan skill peserta secara positif (untuk Cyber defence, dan tidak untuk Cyber attack). Berkaitan dengan situasi International, topik ini sedang hangat dibicarakan dan mendapat perhatikan dari Menhan di berbagai negara, termasuk upaya menjaga dan menegakkan kedaulatan dunia maya NKRI.

Semua komunitas Open Source di Indonesia akan disambut dengan hangat di ajang ICrOSS. Silakan datang berinteraksi dan menggandakan idea satu dengan lainnya dan menyebarluaskan di lingkungan masing-masing. Untuk keterangan lebih lanjut, mohon menghubungi panitia khusus ICrOSS-2013 atau melalui sekretariat AOSI.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s