Windows Azure Tampung FOSS

Awan Azure Tampung FOSS
Awan Azure Tampung FOSS

Sebuah layanan baru yang diluncurkan Microsoft, melalui anak perusahannya yang menyediakan cetakan image mesin virtual FOSS berupa software aplikasi dan sistem operasi Open Source untuk digunakan di Windows Azure. Dengan demikian pemanfaatan software bebas dan open source (FOSS) di platform Azure menjadi lebih mudah.

Windows Azure adalah platform komputasi awan dari Microsoft digunakan untuk membangun, menerapkan dan mengelola aplikasi awan yang disimpan di jaringan global pusat-pusat data milik Microsoft.

Agar FOSS lebih gampang dipasang oleh pengguna Windows Azure, perusahan Microsoft Open Technologies menyediakan sebuah Depot dengan koleksi software Open Source terdiri dari serangkaian cetakan image sistem operasi sumber terbuka, perkakas pengembangan (development tools), aplikasi CMS yang telah dikonfigurasi dan siap pakai.

Pada tahapan awal, depot ini baru terisi dengan sekitar 30 software open source, seperti cetakan image untuk distro Ubuntu, Debian Wheezy, Mageia atau Alt Linux, disamping paket aplikasi seperti WordPress, Drupal, Solr, phpBB, MediaWiki, DocuWiki dan Joomla. Untuk pengembang disediakan Stack siap pakai untuk Ruby, JRuby, Django (Python), LAMP (PHP) dan Tomcat (Java). Cetakan image lainnya termasuk tools Gitorious dan Jenkins, seperti juga basis data Riak untuk CentOS.

Pengguna VM Depot dapat memberikan penilaian dan komentar terhadap setiap cetakan image yang tersedia. Panduan mengenai cara menginstall juga disediakan di situs yang sama.

Upaya pendekatan Microsoft pada lingkungan Open Source sudah dilakukan sejak lama, namun secara formal Microsoft baru mendirikan Microsoft Open Technologies pada bulan April 2012 lalu. Anak perusahan Microsoft ini mengambil alih inisiatif perusahan induknya untuk masalah di bidang yang terkait dengan Open Source, disamping upaya untuk meningkatkan hubungan dengan komunitas.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s