AOSI Selenggarakan Training Implementasi Alfresco

AOSI Training Powered by Softbless
AOSI Training Powered by Softbless

Meningkatnya popularitas software Open Source tidak terlepas dari kelebihan yang ditawarkan berupa Flexibilitas, Biaya dan Inovasi. Open Source Software semakin menjadi pilihan, baik digunakan di dunia Pendidikan, Pemerintahan, BUMN maupun Swasta di Indonesia.

Dalam upaya mendukung implementasi Open Source Software tersebut, Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) berkomitmen mulai tahun 2013, secara teratur menyelenggarakan training yang mendorong secara langsung penggunaan Software berbasis Open Source.

Traning yang pertama pada tahun 2013 adalah tentang “Konfigurasi dan Implementasi Alfresco.”

Alfresco adalah proyek Open Source untuk sebuah ECM (Enterprise Content Management) yang kaya akan fitur dan acapkali disebutkan sebagai rival dari MOSS (Microsoft Office SharePoint Server) yang mampu menawarkan kwalitas tinggi dengan biaya yang jauh lebih rendah. Alfresco diklaim sebagai “true Open Source Enterprise Content Management (ECM)” yang menawarkan – Document Management, Collaboration, Records Management, Knowledge Management, Web Content Management dan Imaging seperti: Document Management, Web Content, Management, Records Management, Image Management dan Content Repository.

Alfresco yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java memanfaatkan teknologi Open Source terbaik seperti Spring, Hibernate, Lucene, Activiti, dan mengadopsi standarisasi modern seperti JSR-168, JSR-170, Web Services, Java Server Faces termasuk kontribusi dari komunitas open source menghasilkan produk yang berkwalitas, dikembangkan lebih cepat dengan biaya lebih rendah.

Enterprise Content Management System (ECM) adalah suatu aplikasi untuk mengelola dan memfasilitasi kolaborasi pembuatan konten yang dimiliki suatu perusahaan. Konten di sini bisa berupa dokumen umum (*.doc, *.xls, *.ppt), image, HTML, file XML, dan jenis konten lainnya.

Di masa lalu, untuk memanfaatkan ECM diperlukan biaya yang besar, akibatnya hanya perusahaan berskala besar yang bisa memanfaatkan ECM. Alfresco merupakan pendekatan baru dalam memanfaatkan ECM. Alfresco menawarkan suatu sistem ECM yang biayanya tidak terlalu besar bagi perusahaan dengan berbagai skala.

Softbless Solutions telah berpengalaman dalam mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan mengoptimalkan dukungan berbagai macam solusi open source yang memenangkan BOSSIE Award (InfoWorld) dimana Implementasi dan Konfigurasi Alfresco adalah salah satu solusi yang diunggulkannya.

Training kali ini “Konfigurasi dan Implementasi Alfresco” akan dilaksanakan oleh Softbless Solutions dari anggota AOSI PT. Softbless Indonesia dengan jadwal sebagai berikut:

  • Tanggal: Rabu 23 Januari 2013, Pukul 08:00-16:00
  • Tempat Gedung Inixindo, Perkantoran Permata Senayan Blok E2, Ja
    lan Tentara Pelajar 5,
    Jakarta 12210

Rincian Kegiatan Training :

  • 08:00 – 08:30     Pendaftaran
  • 08:30 – 09:30     Alfresco concept introduction
  • 09:30 – 12:00     space and content ownership & management Rules , Adpect category, Concept Check In – Check Out
  • 12:00 – 13:00     Ishoma
  • 13:00 – 14:30     Versioning
  • 14:30 – 14:45     Coffe Break
  • 14:45 – 15:50     Simple and Andvance searching Alfresco share configuration
  • 15:50 – 16:00     Pengisian from feedback

Biaya Training: Rp. 350.000
Pendaftaran di: http://aosi.or.id/pendaftaran/

Siapa saja yang perlu hadir:
Para manager, karyawan dan praktisi IT, baik yang bekerja di sektor swasta maupun pemerintahan dan BUMN. Semua pemerhati, pengguna dan pengembira open source, atau pengguna software propietary yang mempertimbangkan masalah biaya lisensi.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s