Rilis Red Hat Enterprise Linux 5.9

Siaran Pers tanggal 8 Januari 2013:

rhel5_600x600Red Hat, Inc. (NYSE: RHT), salah satu penyedia layanan berbasis solusi open source, mengumumkan ketersediaan versi RHEL 5.9, merupakan bagian dari rangkaian rilis perbaikan minor untuk produk sumber terbuka skala perusahan Red Hat Enterprise Linux 5.

Rilis ini, sebagaimana disebutkan dalam siaran pers yang diterbitkan pada hari ini, adalah juga merupakan awal dari siklus “Production Phase 2” dari Red Hat Enterprise Linux 5, sekaligus menunjukkan upaya perusahan Red Hat dalam hal memelihara dan mengamankan investasi pelanggan pada platform ini. Red Hat melestarikan komitmennya mendukung siklus hidup (lifecycle) selama 10 tahun dengan menawarkan sejumlah fitur-fitur baru, termasuk peningkatan dukungan terhadap hardware, pengamanan, standar dan sertifikasi, perkakasan untuk pengembang, virtualisasi dan lainnya.

Seperti pada semua rilis-rilis minor, Red Hat Enterprise Linux 5.9 memelihara kompatibilitas mundur dengan semua platform hardware dan software lintas lifecycle pada Red Hat Enterprise Linux 5. Disamping itu, Red Hat Enterprise Linux 5.9 juga merupakan ruang pamer untuk sejumlah peningkatan, termasuk:

  • Meningkatkan dukungan terhadap vendor-vendor hardware utama. Red Hat Enterprise Linux 5.9 adalah contoh kerjasama yang kuat dengan pembuat hardware utama dalam meningkatkan dukungan terhadap CPU terbaru, chipset dan peningkatan device driver.
  • Melanjutkan komitmen terhadap Sekuriti, Standar dan Sertifikasi. Red Hat Enterprise Linux senantiasa dibangun dengan pemikiran keamanan, untuk itu Red Hat Enterprise Linux 5.9 telah memperkuat komitmen tersebut. Update fitur-firur tersebut mengetatkan kontrol keamanan, kemampuan dalam memverifikasi dan memeriksa ketahanan dari passwords dan mendukung kebijakan password terbaru permintaan pemerintah. Juga menambahkan dukungan untuk penggunaan modus Federal Information Processing Standard (FIPS) dengan perangkat dmraid root. Modus FIPS kini mendukung RAID device discovery, RAID set activation, dan meragakan properti untuk creation, removal, rebuild dan display.
  • Tools untuk para Pengembang. Red Hat Enterprise Linux 5.9 menyertakan sejumlah fitur dan perkakasan yang ramah bagi para pengembang, termasuk kemampuan untuk mengembangkan dan menguji coba menggunakan versi terbaru dari open source Java yang tersedia pada OpenJDK 7. Banyak perbaikan pada SystemTap yang baru telah ditambahkan di Red Hat Enterprise Linux 5.9, termasuk compile-server dan dukungan klien pada jaringan IPv6, berkas SystemTap yang lebih kecil, mengkompail lebih cepat, dan dukungan untuk server kompail pada koneksi multiple konkuren (secara bersamaan).
  • Peningkatan dukungan Aplikasi. Red Hat Enterprise Linux 5.9 menyertakan sebuah paket rsyslog5 baru, yang memberi peningkatan rsyslog ke versi utama 5 dan merupakan paket rsyslog yang yang lebih cepat dan lebih handal dari pada paket-paket rsyslog yang disertakan di rilis-rilis RHEL sebelumnya. Samba juga telah ditingkatkan ke versi 3.6 berikut penyertaan sejumlah fitur baru, termasuk dukungan SMB2, sebuah print server yang telah dibangun ulang dan perbaikan keamanan default pada semua versi.
  • Kemampuan dan fleksibilitas virtualisasi baru pada lingkungan Multi-vendor. Red Hat Enterprise Linux 5.9 meningkatkan kegunaan (usability) sistem operasi dalam lingkungan multi-vendor dengan mengenalkan Microsoft Hyper-V drivers yang telah memberi peningkatan kinerja, terutama kegunaan pada tamu di sistem heterogen, lingkungan virtualisasi multi-vendor dan menyediakan perbaikan untuk fleksibilitas maupun interoperabilitas pada perusahan.
  • Pengelolaan Subscription lebih baik. Red Hat Enterprise Linux 5.9 menggunakan fitur Red Hat Subscription Management sebagai default, yang memungkinkan pelanggan lebih efektif dan lebih mudah mengelola langganan layanan (subscriptions) Red Hat Enterprise Linux secara lokal atau dengan perkakas (tools) seperti Subscription Asset Manager, yang semuanya memberi peningkatan dalam pembuatan laporan tentang distribusi dan utilisasi dari subscription, disamping memperbaiki user interface. Pelanggan dipersilakan untuk mengakses bagian Subscription Management pada Red Hat Customer Portal untuk keterangan lebih rinci.

Pelanggan dapat mengunduh versi Red Hat Enterprise Linux 5.9 disini, dan untuk mendapat informasi lebih detil tentang Red Hat Enterprise Linux silakan baca disini, atau informasi tentang Red Hat Enterprise Linux lifecycle klik disini.

Tentang Red Hat, Inc.
Red Hat adalah “world’s leading provider” untuk solusi software sumber terbuka (open source software), menggunakan pendekatan yang ditenagai komunitas untuk menyediakan awan yang handal dengan kinerja tinggi (reliable and high-performing cloud), Linux, middleware, storage dan teknologi virtualisasi. Red Hat juga menawarkan layanan dukungan “award-winning”, training, dan layanan konsultasi. Sebagai hub tersambung dengan jaringan perusahan global, mitra, dan komunitas sumber terbuka, Red Hat membantu dalam menciptakan teknologi yang relevan, innovatif disamping membebaskan sumber daya untuk pertumbuhan dan persiapan pelanggan menghadapi masa depan teknologi informasi. Baca lebih jelas di situs resminya http://www.redhat.com.

Red Hat dan JBoss adalah merek-merek dagang (trademarks) milikf Red Hat, Inc., terdaftar di the U.S. dan negara lainnya. Linux® adalah trademark terdaftar milik Linus Torvalds di the U.S. dan negara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s