Linux Mint 14 Nadia Sempurnakan MATE dan Cinnamon

Tampilan Linux Mint 14 Nadia Edisi MATE

Linux Mint 14 Nadia membawa pembaruan dan penyempurnaan pada GUI untuk menunjang penampilan yang lebih baik, disamping menambahkan beberapa fungsi baru dan banyak perbaikan. Seperti pada edisi utama sebelumnya, kali ini tersedia pilihan dengan desktop MATE dan Cinnamon, masing-masing untuk 32 dan 64 bit. MATE 1.4 yang dikemas, merupakan terusan dari Gnome 2, sementara Cinnamon 1.6 adalah sebuah Fork dari Gnome-Shell dan merupakan modifikasi untuk Gnome 3.

Menurut pengembangnya, MATE 1.4 merupakan versi stabil pertama sebagai hasil dari peningkatan terhadap Gnome 2. Kekliruan sejak bertahun-tahun yang dihidap Gnome 2, juga kali ini telah diperbaiki, sementara fungsi-fungsi yang masih dianggap kurang, sekaligus ditambahkan. Fitur Bluetooth kini berfungsi dengan baik dan pengelola berkas Caja sudah mendukung Dropbox, bisa merinci jalur dan membandingkan berkas-berkas. Sebuah tabel aksara juga telah ditambahkan dengan kemungkinan untuk melakukan konfigurasi pada penampilannya.

Penampilan Cinnamon 1.6 diupayakan serupa dengan MATE yang secara keseluruhannya berpedoman pada penampilan Gnome 2. Ruang kerja (Workspaces) di Cinnamon kini bisa persistent (permanen) dan diberi nama. Peralihan atau penggantian On-Screen-Display antar ruang kerja, juga bisa dikonfigurasi. Applet ‘Window Quick-List’ memungkinkan untuk mendapatkan gambaran cepat pada semua jendela dari ruang-ruang kerja. Applet untuk efek Scale dan Expo juga tersedia, disamping perbaikan pada Sound-Applet.

Software-Manager yang dibuat khusus untuk Mint tidak lagi mengakses melalui Apt-Daemon, melainkan menggunakan Apt-Client yang dikembangkan sendiri. Dengan demikian pengembangnya bisa mengklaim bahwa fitur tersebut bisa jalan lebih stabil. Untuk menulis data di USB-Drive disediakan perkakas MintStick berasal dari dapur pengembangan Linux mint. Gedit 3 yang juga merupakan editor standar di Gnome 3, telah ditukar dengan Gedit 2.30 dengan alasan versi yang dipasang adalah lebih stabil. Kecuali itu, Mint Desktop Manager (MDM) sekarang bisa menggunakan Themes berasal dari GDM 2.
Seperti pada Ubuntu 12.10, Linux Mint 14 juga ditenagai menggunakan versi Kernel Linux 3.5, termasuk juga komponen-komponen lainnya. Kecuali komponen Desktop, bisa dikatakan bahwa Linux Mint 14 ‘Nadia’ adalah identis dengan ‘Quantal Quatzal’ (Ubuntu 12.10) yang belum lama telah beredar. Pengembangnya juga mengingatkan bahwa pada beberapa komputer dengan kartu grafis Intel sebaiknya tidak memasang driver untuk akselerasi 3D, melainkan memanfaatkan driver dari llvmpipe dengan alasan agar beban CPU tidak menjadi masalah. Baca selebihnya di Release Notes untuk keterangan yang lebih rinci.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s