Canonical Hadirkan ‘Quantal Quetzal’ Ubuntu 12.10

Sesuai jadwal, Canonical telah hadirkan ‘Quantal Quetzal’, sistem operasi Linux versi Ubuntu 12.10 pada tanggal 18 Oktober baru lalu, sambil mengumandangkan slogan ‘Avoid the pain of Windows 8!’.  Bahwasanya versi pertama paska LTS (Long Term Support) merupakan ajang untuk memamerkan fitur-fitur baru yang akan diujicoba dan secara bertahap disempurnakan seterusnya untuk digabungkan dengan versi LTS berikutnya. Namun untuk versi paska LTS kali ini (kebetulan) merupakan sebuah perkecualian, karena tidak lagi banyak fitur baru yang ‘revolusioner’ yang telah ditambahkan, melainkan lebih banyak melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap fitur yang telah tersedia sebelumnya. Utamanya Ubuntu 12.10 ‘Quantal Quetzal’ kali ini menghadirkan Amazons Shop yang memperluas cakupan dari sistem pencarian desktop Dash.
Pembaruan yang dikemas umumnya telah diketahui sebelumnya bersamaan dengan proses Test dan Preview yang secara teknis telah banyak didiskusikan. Pembaruan terutama pada desktop Unity besutan Ubuntu yang kini memasang versi aktual 6.6 dan diklaim cukup banyak mendapatkan perbaikan. Sebagai contoh adalah launcher aplikasi (yang berbaris disisi kiri desktop) mulai sekarang dapat ditambahkan dengan launcher berisi URL sebagai peluncur situs web. Canonical juga telah manamakan fungsi peluncur ini sebagai Webapps dan telah menyertakan sejumlah koleksi apps untuk sambungan web, termasuk Ubuntu One Music Store yang pada hakekatnya tidak lain sebuah Webapp. Pencarian menggunakan Dash tidak hanya menelurkan hasil pencarian pada harddisk, melainkan juga menampilkan hasil sasaran asal Amazon-Shop.
Credit: http://www.ubuntu.com

Pembaruan lainnya di Ubuntu 12.10 adalah termasuk peningkatan ke versi kernel Linux 3.5.4 disamping mengaktualisasi sebagian besar paket-paket aplikasi seperti LibreOffice ke versi 3.6.2.2, Firefox dan Thunderbird ke versi 16.0.1. Termasuk juga keputusan ‘last minute‘ Canonical untuk mempertahankan Grub 2 pada Ubuntu 12.10 sebagai sebuah Bootloader. Kecuali itu, telah melakukan peralihan pada Unity 2D ke LLVMPipe yang memicu perdebatan. Dengan demikian, efek desktop 3D yang menggunakan Compiz di Unity bisa ditenagai oleh LLVMPipe sebagai Software Renderer. Program atau aplikasi-aplikasi lainnya, seperti sediakala dapat ditelusuri, diunduh dan dipasang dari Ubuntu Software-Center yang tampilan dan fungsinya senafas dengan App-Stores ala Apple atau PlayStore ala Android.

Ubuntu pada versi ini masih tetap mempertahankan program Ubiquity sebagai installer, yang juga telah mendukung instalasi terenskripsi. Keberadaan media edisi Alternate dengan demikian menjadi mubazir dan mulai versi ini Canonical tidak lagi menerbitkan ISO untuk CD Alternate, disamping juga meniadakan versi CD untuk desktop karena penyertaan software minimal melampaui ambang ukuran sebuah CD. Pastisi Windows yang ada dapat dikenali oleh Ubiquity secara otomatis, dan pada sistem yang telah terpasang Windows 7 secra tidak sengaja akan dikenal sebagai Windows 8, namun secara teknis hal itu tidak menjadi masalah untuk sistem dual boot dengan sistem operasi ganda.
Credit: http://www.ubuntu.com

Bagi mereka yang masih belum mau bersahabat dengan Unity, dipersilakan menggunakan turunan Ubuntu 12.10 yang telah mengintegrasikan standar desktop lainnya seperti Kubuntu 12.10 dengan KDE Plasma 4.9, Xubuntu 12.10 dengan XFCE 4.10 dan Ubuntu Gnome Remix 12.10 dengan Gnome 3.6 dan Gnome Shell.

Barangsiapa saat ini telah menggunakan Ubuntu 12.04 LTS ‘Precise Pangolin’ dan benar-benar menginginkan perbaikan detil, dipersilakan mengupgrade ke versi 12.10 ‘Quantal Quetzal’. Untuk itu ia harus berani mengorbankan dukungan yang jauh lebih panjang (LTS) yaitu sampai dengan bulan April 2017, sedangkan versi 12.10 yang anyar ini hanya mendapatkan dukungan tidak lebih sampai dengan April 2014.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s