OwnCloud 4.5

OwnCloud adalah aplikasi bebas yang digunakan untuk membangun sebuah komputasi awan pribadi yang baru saja (Oktober 15) tersedia dalam versi 4.5.Diantara sejumlah peningkatan yang disertakan OwnCloud, adalah termasuk fitur sinkronisasi berkas (file synchronization), fitur berbagi berkas (file sharing), dan kesiapan untuk mengintegrasikan layanan Cloud-Storage eksternal.

Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrogaraman PHP-5 ini, diklaim mampu melakukan sinkronisasi lebih cepat dan dengan mudah dapat disambungkan ke layanan Cloud eksternal seperti Amazon S3, Dropbox, Google Drive atau Strato Hidrive.

Owncloud 4.5 juga secara otomatis dapat didaftarkan pada server-server WebDAV, Imap, Samba dan server FTP lainnya, apabila telah tercantum dalam daftar konfigurasi OwnCloud. Penentuan versi baru pada berkas dan map di Owncloud 4.5 dalam sebuah proses sinkronisasi ditentukan tidak berdasarkan catatan tanggal melainkan dengan membandingkan “Unique ID”. Cara demikian diklaim bisa menghemat bandwidth karena hanya bagian berkas yang berbeda saja yang ditransmisi, sehingga proses sinkronisasi menjadi lebih cepat.

Kecuali itu, pengguna OwnCloud 4.5 dapat menentukan siapa saja yang memiliki hak yang dibatasi berdasarkan jangka waktu yang dapat ditentukan, untuk membaca, mengedit atau menghapus berkas-berkas berbagi (shared). Termasuk kemungkinan untuk menambahkan perlindungan password pada URL di berkas yang di-sharing.

Fitur baru lainnya adalah penentuan versi berkas yang disimpan. Apabila sebuah berkas diunggah melalui antarmuka OwnCloud memiliki nama yang sama dengan nama berkas yang telah tersimpan di server OwnCloud, maka secara otomatis berkas terakhir akan disimpan sebagai versi yang lebih baru.

OwnCloud juga mengintegrasikan pemutar video yang dapat digunakan untuk memutar film, video dan musik langsung dari server tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Presentasi dengan format HTML-5 dapat diragakan melalui Plugin yang terpasang di OwnCload 4.5. Untuk itu digunakan kerangka kerja (framework) Javascript: impress.js.

OwnCloud yang menganut lesensi bebas (Open-Source) dapat memanfaatkan untuk mengelola dan mengsinkromisasikan buku alamat (Address), daftar jadwal, gambar, berkas-berkas Office, Video dan Audio yang disimpan di server lokal maupun di tempat hosting yang dapat dipercaya dengan berbagai perangkat, baik bagi pengguna pribadi maupun perusahan . Untuk itu tersedia aneka klien untuk Desktop Linux, Windows dan Mac OS, seperti juga apps untuk perangkat mobile yang menggunakan Android dan iOS.

Disamping versi komunitas (Community-Edition) yang bebas biaya namun tanpa hak atas layanan support dari perusahan dibalik OwnCloud, juga tersedia versi untuk perusahan dan institusi pendidikan berupa Owncloud Business Edition, Owncloud Enterprise Edition dan Owncloud Education Edition, yang menyediakan fungsi-fungsi tambahan dan layanan support berbayar. Fungsi lebih pada kelompok produk berbayar itu, antara lain adalah fitur-fitur seperti dukungan untuk basis-basis data MySQL, Oracle dan Postgress, sebuah modul Logging digunakan untuk pengontrol akses dan sebuah pengaturan penyimpanan data dinamis.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s