Slackware 14.0 Telah Rilis

Slackware 14.0 dengan KDE SC 4.8.5

Patrick Volkerding mengumumkan terbitnya salah satu distribusi Linux tertua yang masih aktif sampai saat ini. Slackware 14.0 yang baru dirilis mengemas versi Kernel 3.2.29 berikut lingkungan desktop Xfce 4.10 dan KDE SC 4.8.5.

Sekitar tujuh belas bulan diperlukan untuk mengembangkan Slackware 14 yang merupakan peningkatan dari versi 13.37 sebelumnya, atau nyaris tiga tahun setelah keberadaan versi Slackware 13.0. Pimpro Patrick Volkerding yang sejak awal mengawal perjalanan Slackware mengakui bahwa waktu pengembangan versi ini relatif panjang, dan dengan demikian banyak hal yang terjadi seputar pengembangan Linux seperti Kernel Linux yang telah ditingkatkan ke versi 3.x, ketersediaan versi X.org X11R7.7 dan Firefox yang berkali-kali telah ditingkatkan dan kin telah mencapai versi 15.

Paket-paket software lain yang disertakan termasuk Clang, yaitu kompailer C/C++ berbasis LLVM, tanpa melupakan penyertaan kompailer GCC. Menurut Patrick Volkerding, semua komponen-komponen tersebut telah diuji coba secara intensif sebagai bagian dari dukungan jangka panjang yang ditawarkan distro Slackware yang memiliki tradisi berorientasi pada motto: ‘simplicity, stability, and security’. Versi tertua Slackware yang saat ini masih mendapatkan dukungan perbaikan keamanan adalah versi Slackware 12.1.

Bila dibandingkan dengan versi Slackware 13.37, maka segudang pembaruan dan peningkatan telah dilakukan untuk versi Slackware 14.0. Diantaranya termasuk desktop Xfce 4.10, KDE SC 4.8.5 dan suit office Calligra 2.4.3. Peningkatan lainnya adalah pada paket-paket X.org 7.7, X-Server 1.12.3, glibc 2.15, Bash 4.2.24, Gimp 2.8.2, Firefox 15.0.1 (dan sebagai opsi juga Google Chrome), Thunderbird 15.0.1 dan SeaMonkey 2.12.1. Dengan alasan politik lisensi Oracle yang kurang mendukung, Slackware telah menyingkirkan JDK 6 dan mulai versi ini tidak lagi menyediakan lingkungan pengembangan Java yang dibundel bersama penerbitan distro ini.

Mendukung para pengguna yang mengembangkan software, Slackware telah menyertakan kompailer GCC 4.7.1, bahasa pemrograman Perl 5.16.1, PHP 5.4.7, Python 2.7.3, Ruby 1.9.3-p194, disamping Subversion 1.7.6, Git 1.7.12.1, MySQL 5.5.25a dan Apache 2.4.3. Software lainnya seperti Samba 3.6.8, CUPS 1.5.4, vsftpd 3.0.2 dan BIND 9.9.1 P3 juga merupakan bagian dari Slackware versi ini. Semua paket software tersebut dapat dikelola menggunakan perkakas pemaketan Slackpkg yang disediakan dalam versi terbaru. Daftar pembaruan selengkapnya dapat ditelusuri di dokumen Changelog yang diterbitkan untuk versi Slackware ini.

Distro yang masih tegar ini merupakan distro yang minimalis yang menyediakan sekitar 1150 paket software. Desktop Gnome yang cukup popular resminya tidak didukung langsung oleh proyek dibawah pimpinan Patrick Volkerding, namun bagi yang ingin menggunakan Gnome tersedia solusinya pada proyek Gnome-Slackbuild. Slackware memiliki komunikas pendukung, pengguna dan pengembira yang cukup luas termasuk sejumlah penyedia paket software tidak resmi seperti slackbuilds.org.

Kecuali menggunakan tools seperti slapt-get, update atau instalasi Slackware dapat dilakukan menggunakan media CD/DVD yang resmi dirilis. Seperti di hampir semua distro, proyek Slackware telah menerbitkan media untuk versi Slackware 14.0 berupa 6 CD dan/atau 1 DVD untuk masing-masing platform Intel (AMD) dengan arsitektur 32 dan 64 bit, sementara koleksi kode sumbernya (source code) dikemas terpisah dalam satu media DVD. Prosesor lain yang didukung Slackware 14.0 adalah ARM, yang telah menambahkan dukungan untuk dua platform baru yaitu TrimSlice Pro (NVidia Tegra CPU) dan Raspberry Pi. Keterangan lebih rinci dapat disimak disitus khusus http://www.armedslack.org.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s