Media Center GeeXboX 3.0

GeeXboX 3.0. yang diluncurkan satu tahun setelah versi GeeXboX 2.0 mengemas banyak perbaikan dan pembaruan. Distro ukuran kecil yang pas dikemas dalam sebuah MiniCD ini telah ditambahkan dengan firmware agar bisa mendukung lebih banyak hardware.

geexbox3_640

Disamping menerbitkan media CD untuk komputer arsitektur intel 32bit, juga tersedia  berupa paket yang bisa ditanamkan di sistem embedded dengan arsitektur multiprosesor  ARM, untuk Pandaboard yang mendukung OMAP4, Nvidia Tegra2 Harmony, Cubox (armada5xx) dan Snowball ux500. Sementara untuk Raspberry Pi, pada saat peluncuran rilis ini masih sedang dibuat. Menggunakan PandaBoard dan Cubox GeeXbox mampu menampilkan Video HD dengan lancar.

GeeXbox 3.0 ditenagai oleh Kernel Linux 3.4.4 dan sebagai Init-System digunakan Systemd, sementara perkakas terpenting distro ini memberdayakan BusyBox 1.2.1. GeeXboX 3.0 datang bersama X-Server yang mudah digunakan, berlandasan versi X-Servers 1.11.4 dan Mesa 8.0.3. Menggunakan ConnMan 1.6 pengguna dapat dengan mudah mengintegrasikan komputer Media-Center GeeXbox mereka pada jaringan yang ada.

Distro Media-Center ini menyokong penggunaan memori via USB untuk menyimpan secara permanen data konfigurasi pengguna maupun untuk dijalankan dari USB. Menggunakan pengelola paket OPKG 0.18, sistem yang khusus dibuat untuk dijadikan pusat hiburan media ini, dapat ditambahkan dengan paket-paket software lainnya.

Sebagai aplikasi utama dari distro GeeXboX digunakan paket Media-Center XBMC versi 11.0. Kecuali itu telah ditambahkan fungsionalitas videorekorder untuk TV digital (DVB), agar dapat merekam siaran atau konten TV yang disiarkan.

Perbaikan juga dilakukan pada dukungan untuk remote control dan instalasi di harddisk pada sistem dengan UEFI dan SSD. Pengguna GeeXbox dapat mengelola koleksi musik, melihat gambar, memutar CD, DVD atau Blu-Rays termasuk mengkases database media. Menggunakan Skins, tampilan dapat diatur sesuai selera pengguna.

Media berupa MiniCD:

  • GeeXboX 3.0 i386 PocketCD_sku-01.471.300.01
  • GeeXboX 3.0 x86_64 PocketCD_sku-01.471.300.11

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s