Majalah InfoLINUX 2012 Agustus

Edisi bulan Agustus 2012 dari majalah InfoLINUX mengemas bonus file PDF majalah ‘Full Circle Magazine‘ dengan publikasi seputar Linux Ubuntu. Sebagai topik utama dibahas tuntas tentang distribusi versi Linux Fedora 17 dengan julukan Beefy Miracle besutan Fedora Project. Pembahasan yang lengkap meliputi hal-hal mulai dari Instalasi, Paket Manajemen, Keamanan, hingga hal-hal yang lain yang seharuusnya diketahui oleh pengguna distro Fedora 17.

Dengan motto ‘Hemat, Bebas, dan Sukses’, editorial bulan ini membahas Linux sebagai sistem operasi sumber terbuka pilihan untuk perusahaan dan membandingkannya dengan sistem proprietari (berkepemilikan). Menggunakan Linux, pekerjaan perkantoran dapat dimaksimalkan dengan aplikasi-aplikasi bebas yang notabene menghemat biaya lisensi.

Aktualitas seputar open source meliput: ‘Indonesia Open Source Award 2012’, ‘Bocoran Distro Linux RHEL 7’, dam ‘Ragam Kategori INAICTA 2012’.

Rubrik Profil meliput ‘Linux dan Open Source di PT Astra Agro Lestari Tbk’ selaras dengan topik yang dibahas sebagai editorial.

Opini para pakar diturunkan oleh Bapak Budi Rahardjo yang menjelaskan tentang ‘Tren Teknologi Informasi dan Kurikulum’ disusul lanjutan topik bulan sebelumnya oleh Bapak Michael S.Sunggiardi: ‘Sekali Lagi, Industri TIK Nasional’, sedangkan Ibu Nur Aini Rakhmawati memaparkan perjalanan: ‘Dari Open Source Menuju Open Data’.

Dalam rubrik Tes & Review diuji ‘The Beefy Miracle’, distro Fedora 17 yang juga dikupas tuntas di edisi InfoLINUX bulan ini. Distro lainnya yang dibahas adalah Zorin OS 6 Core dan KNOPPIX 7.0.2. Pada halaman sebelumnya dicetak semua balasan terhadap ‘Surat Anda’.

Disamping software Game: ‘Crack Attack 1.1.10’ dan ‘Cube Trains 0.2.1’ juga diliput tentang Buku-buku: ‘SQL in Easy Steps’, ‘Ubuntu Made Easy, ‘XDA Developers’, dan Android Hacker’s Toolkit.

Sebagai Software Pilihan dibahas: ‘CiytusDB 2.4.2’, ‘Cairo-Dock 3.0.2’, ‘Opera 12.00’, ‘Evolution 3.4.3’, ‘Zukitwo 2012.06.12’, ‘4Pane 1.0’, ‘pySioGame 0.3.0’, ‘Joomla! 2.5.6’, ‘Revelation 0.4.13’, ‘Summoning Wars 0.5.6’, ‘File Roller 3.4.2’, ‘DooM Legacy 1.42’, dan ‘Xine 1.2.2’.

Ajang acara kegiatan Komunitas yang diliput bulan ini adalah ‘Komunitas BlonkON Jakarta Temu Darat’ dan ‘KPLI Berbagi di Pesantren Al Muthohhar’.

Topik Praktik Instan bertemakan ‘Pantau Server via Nagios’, sedangkan untuk para Net Admin disajikan artikel ‘Monitoring Jaringan dengan Ntop’ dismping aktualitas dari ‘ Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia’

Serangkaian panduan di rubrik Tutorial menuntun pembaca dengan topik berjudul ‘Tutorial Upgrade Kernel’, ‘Membangun Host Virtual Via GNU/Linux di Server Apple XServer 3.1’, ‘Menggunakan Pustaka Google Map’, dan ‘Yii Bootstrap’.

Dalam Workshop Aplikasi dijelaskan tentang ‘Tweak Gnome via Ailurus’, Fitur ‘Bend’ di aplikasi Inkscape, ‘Menambahkan Input Field Date’, ‘Penomoran Kiri dan Kanan’, ‘Pengaturan Inner Glowing’ pada aplikasi Blender, dan ‘KNOPPIX 7.0.2 untuk belajar dan Pengujian’.

Sebelum mengungkapkan rencana dari ‘Edisi Mendatang’ disediakan Kuis InfoLINUX sebagai penutup.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s