Siaran Pers: Rilis BlankOn 8.0 Rote

BlankOn Linux 8 Rote Desktop Menu
Desktop khusus yang dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn menggunakan teknologi web HTML5 dan CSS3

Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 67, pada hari ini tim pengembang BlankOn Linux mengumumkan rilis versi terkini BlankOn 8.0 Rote. Distribusi yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn ini merupakan distribusi Linux khas Indonesia.

Sistem operasi BlankOn Linux menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memutar beragam format berkas multimedia, serta aplikasi-aplikasi menarik lainnya.

Sebagaimana dijelaskan di Catatan Rilis BlankOn 8.0 Rote, pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka. Pada hakikatnya mencerminkan semangat bergotong-royong, sebagai salah satu ciri khas yang dimiliki bangsa Indonesia.

Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. Oleh karena itu, tim kami terbuka dan aktif mengundang siapa pun yang berminat dan memiliki semangat yang sama untuk bergabung dalam pengembangan BlankOn.

Nama kode Rote diambil dari nama pulau di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang juga dikenal dengan nama Roti.

Yang Baru di BlankOn 8.0 Rote, termasuk penyertaan software dalam jumlah lebih besar melampaui ukuran CD (tersedia versi DVD). Mulai versi BlankOn 8.0, distro ‘Made in Indonesia’ ini berpindah induk dari Ubuntu ke Debian tanpa melupakan fitur-fitur aplikasi yang memudahkan dan membantu pekerjaan Anda setiap hari, sambil menikmati hiburan, berhubungan melalui fasilitas internet dan meningkatkan pengetahuan menggunakan aplikasi pendidikan.

Salah satu fitur penting adalah Manokwari, yaitu sebuah desktop khusus yang dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn menggunakan teknologi web HTML5 dan CSS3. Disamping memenuhi standarisasi masa depan, implementasi ini membuat destop Manokwari menjadi sebuah destop yang cantik dan mudah untuk dimodifikasi.

Fitur ‘Aksara Nusantara’ yang didukung Rote kini menyediakan enam jenis Aksara Nusantara, termasuk aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa. Dalam versi DVD, Rote menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.

Untuk berselancar, Rote menyertakan peramban web Chromium versi 21 dengan akses cepat ke website kesukaan Anda. Disamping ringan, Chromium lebih aman dan mudah digunakan, dan siap mendukung HTML5.

BlankOn memberikan dukungan sepenuhnya terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis. Bersama BlankOn, Anda bisa memutar film, mendengarkan musik serta mengerjakan desain grafis yang didukung perangkat lunak bebas/terbuka seperti Gimp, Inkscape, dan lainnya. Memenuhi permintaan pengguna, BlankOn 8.0 menyediakan pemutar lagu Audacious.

Spesifikasi BlankOn 8.0:

  • Kebutuhan RAM minimum: 256 MB
  • Kebutuhan prosesor minimum: 600 MHz
  • Arsitektur: i386/32 dan AMD64
  • Desktop: Manokwari
  • Kernel Linux: 3.2.23

Internet:

  • Peramban: Chromium 21.0
  • Pesan Instan Daring: Pidgin 2.10.6
  • Surel: Evolution

Multimedia:

  • Pemutar Musik: Audacious
  • Pemutar Film: Totem
  • Perekam Cakram: Brasero
  • Aksara Nusantara: SCIM untuk Bali, Bugis, Batak, Sunda, Rejang, Jawa

Grafis:

  • Gambar Vektor: Inkscape (DVD)
  • Editor Gambar: GIMP (DVD)

Perkantoran:

  • Libreoffice

Tentang Proyek BlankOn
Proyek BlankOn bertujuan untuk mengembangkan ekosistem baru dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka. Pengembangan dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan sumber daya lokal sehingga mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka, mulai dari yang teknis seperti pengembangan aplikasi dan distribusi Linux, hingga hal-hal non-teknis seperti kepemimpinan dan kemampuan membangun komunitas hingga solusi komersial berbasis BlankOn. Selengkapnya dapat dibaca di http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Misi.

Tentang YPLI
YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, ‘Free Software, dan Open Source Software’ (FOSS) di Indonesia. Situs Internet YPLI adalah http://www.ypli.or.id/.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s