Peningkatan di RHEL 6.3

rhel6_600x600

Peningkatan ketiga (RHEL 6.3) dari sistem operasi skala perusahan Red Hat Enterprise Linux tersedia, satu setengah tahun setelah rilis perdananya versi RHEL 6.0. Versi terakhir ini tetap mengemas Kernel 2.6.32 seperti pada versi update sebelumnya, namun ia telah mendapatkan cukup banyak perbaikan. Disamping peningkatan dukungan terhadap hardware, juga perbaikan pada kecepatan dan efisiensi RHEL 6.3 secara keseluruhan, termasuk perluasan pada fitur Virtualisasi, pada sistem penyimpanan data dan sistem berkas, disamping perbaikan pada fungsi sistem keamanan.

Perkakas baru Virt-P2V yang disertakan, memungkinkan konversi dari sistem komputer fisik menjadi sebuah Images untuk dipasang sebagai Hypervisor KVM. Sistem virtualisasi kini dibangun untuk lebih banyak mendukung kesesuaian dengan sistem Payment Card Industry Data Security Standards (PCI-DSS), yang mewajibkan virtual disks bisa dihapus tuntas dan aman. Peningkatan pada implementasi untuk Advanced Encryption Standard (AES) diklaim bisa jalan lebih cepat terutama pada sistem dengan banyak prosesor.

Batasan jumlah CPU virtual yang didukung pada satu mesin virtual telah ditingkatkan dari 64 ke 160, sementara memori maksimal ditingkatkan dari 512 GB menjadi 2 TB. Red Hat menekankan bahwa mesin-mesin virtual kali ini bekerja lebih efisien dari pada sebelumnya, berkat jumlah perbaikan yang telah dilakukan untuk KVM cukup banyak.

Sistem berkas GFS2 juga mendapatkan perbaikan dan dioptimalkan. Sistem berkas (file system) FUSE kini mendukung opsi O_DIRECT, yang memungkinkan untuk menuntaskan operasi lebih cepat. Dukungan sepenuhnya untuk target Fibre Channel over Ethernet (FCoE) kini telah diresmikan, dimana sebelumnya pada versi RHEL 6.2 masih berstatus ujicoba atau technical preview. Fitur Logical Volume Manager (LVM) kini telah mendukung langsung RAID 4, 5 dan 6. Kecuali itu, memori yang digunakan untuk logical volume, tidak lagi perlu dialokasikan sebelumnya, namun pada saat diperlukan saja.

Perbaikan juga dilakukan pada System Security Services Daemon (SSSD), yang kini mendukung Netgroups and Services Maps secara nativ. Menggunakan Plug-in baru mempermudah pengguna atau komputer baru untuk bergabung dengan sistem pengelola identitas.

Pembaruan lainnya termasuk software untuk mengatur lebar pita (bandwidth) pada USB 3.0 pada setiap platform Intel, optimasi kompiler untuk keluarga prosesor Intel Xeon E5, perbaikan pada Breakpoints dan pengenalan OpenJDK 7, sebagai sebuah implementasi bebas untuk Java. Menggunakan Software Collections yang baru, kini dimungkinkan untuk menginstalasi aneka versi paket RPM secara serentak.

Menurut catatan rilis, perbaikan yang dilakukan pada RHEL 6.3 jumlahnya tidak kurang dari 269 Paket, dan 18 Paket telah ditambahkan termasuk LibreOffice dan perkakas untuk Screencast Byzanz, disamping peningkatan Rsyslog ke versi 5.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s