Linus Torvalds Terima Penghargaan Millennium Technology Prize

Linus Torvalds, motor gerakan Open Source telah menerima pengahargaan “Millennium Technology Prize 2012” atas jasanya sebagai pengembang Kernel Linux bersama teknologis asal Jepang Shinya Yamanaka yang mengembangankan “Induced pluripotent stem cell”. Sebagai penghargaan kali ini diberikan hadiah oleh Akademi Teknologi Finlandia sebesar 1,2 Juta Euro atau sekitar 14,4 Miliar Rupiah yang dibagi prorata kepada kedua pemenang Millennium Technology Prize.

Hadiah masing-masing sebesar 7,2 Miliar Rupiah diserahterimakan oleh President Republik Finnlandia, Sauli Niinistö pada hari Rabu minggu ini. Baik Torvalds maupun Yamanaka sangat terkesan atas penghargaan tersebut, dan pada kesempatan yang sama Torvalds menyampaikan terima kasih kepada semuanya yang telah membantunya ber-gotong-royong mendukung keberhasilan proyek Kernel Linux, tidak hanya atas dukungan teknis, namun juga telah membuatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menarik.

Millennium Technology Prize (Finlandia: Millenium-teknologiapalkinto; sebelumnya dikenal sebagai Ahlstrom Walter Prize) adalah penghargaan teknologi terbesar di dunia. Ia diberikan sekali setiap dua tahun oleh Akademi Teknologi Finlandia, dengan dana berasal dari kontributor independen yang dibentuk oleh industri Finlandia dengan kemitraan negara Finlandia. Hadiah yang telah menjadi tradisi sejak tahun 2004 diserah terimakan langsung oleh Presiden Finlandia. Millennium Technology Prize diberikan sebagai pengakuan atas inovasi teknologi yang telah memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup manusia dan mendorong pengembangan yang berkelanjutan.

Dibandingkan dengan Hadiah Nobel, maka Hadiah Milenium adalah penghargaan atas teknologi, sementara Hadiah Nobel adalah penghargaan untuk ilmu pengetahuan. Hadiah Nobel diberikan untuk penelitian dasar, sedangkan Hadiah Milenium dapat diberikan untuk sebuah inovasi yang masih baru dan masih dalam pengembangan seperti halnya Kernel Linux yang ditekuni Torvalds.

Setiap Universitas, lembaga-lembaga penelitian, akademi ilmiah dan teknik nasional, perusahan dengan teknologi tinggi di seluruh seluruh dunia yang memenuhi persyaratan dapat mencalonkan individu atau kelompok untuk mendapatkan penghargaan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s