Majalah InfoLINUX 2012 Juni

InfoLinux Juni 2012Majalah InfoLINUX terbitan bulan Juni 2012 mengangkat distribusi Linux Ubuntu 12.04 LTS sebagai topik utama. Versi distribusi Ubuntu dengan dukungan jangka panjang ini dikupas tuntas disertai dengan sejumlah informasi yang berguna bagi pengguna baru edisi yang dijuluki “Precise Pangolin” ini.

Dalam rubrik Praktik Instan dijelaskan mengenai “Cloud Computing dan Virtualisasi dengan Proxmox (distro khusus berbasis Debian).” Sementara itu, di rubrik untuk NetAdmin dimuat petunjuk untuk “Sinkronisasi Situs dengan Sitecopy”, yang disusul dengan sebuah Tutorial Sysadmin dengan penjelasan tentang “Cara mengupgrade Ubuntu 11.10 menjadi 12.04 secara online.”

Tutorial lain menyediakan panduan seputar Network Storage dengan “Membangun Enterprise Network Storage dengan Open Source.” Kemudian Tutorial Android yang mencerahkan cara “Membuat aplikasi Android RSS Reader”, sementara Tutorial YII Framework mengedepankan cara “Menggunakan Ekstensi Manajemen User yii-user.”

Rubrik Tip & Trik yang banyak penggemarnya, kali ini mengungkapkan tip yang menguraikan “Perintah Partisi Hardisk fdisk.” Di rubrik bertemakan Workshop Aplikasi, pembaca diajak untuk Chatting dengan Jitsi 1.0. Semenaara itu pada Workshop Desain Grafis ditunjukkan cara “Mendesain Handphone dengan Inkscape”, dan pada Workshop Office dibahas beberapa topik termasuk “Instalasi LibreOffice via PPA”, “Proteksi Dokumen LibreOffice”, dan untuk LibreOffice Calc diajarkan cara “Memilih Range Print”. Pada Workshop Desain 3D dan Animasi Blender diulas cara “Penggunaan Subdivision Surface”, sedangkan Workshop Distro menunjukkan cara “Membuat LiveCD/USB dari iso SliTaz dan menginstal ke hard disk”.

Profil yang ditampilkan bulan ini memperkenalkan Saudara Ahmad Haris (IT and Database Manager) yang “Bekerja dan Main Gitar dengan Linux”.

Opini dari pakar dan pengamat TI disampaikan oleh Bapak Budi Rahardjo yang mengeluhkan: “Gara-gara HaKI”, kemudian dari Bapak Michael S. Sunggiardi dengan diskusi tentang permasalahan: “Outsourcing”, Sementara bli I Made Wiryana mengingatkan tentang: “Format Data Penuh Efek Samping Berbahaya”.

Kegiatan komunitas yang diliput bulan ini adalah mengenai: “Komunitas Guru (MGMP) TIK Seminar OSS dan ODF’ dan “Pemkot Malang Kenalkan BSE OSS pada komunitas Guru TIK”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s