Majalah InfoLINUX 2012 MEI

InfoLINUX edisi bulan Mei 2012 membahas sistem virtualisasi XEN sebagai topik utamanya, sekaligus memandu pengguna dalam membangun banyak server virtualisasi pada satu server utama. Sebagai bonus bulan ini disisipkan CD yang mengandung distro nasional IGOS Nusantara berkelas Internasional yang menggunakan Fedora Linux sebagai basis. Kecuali itu disertakan program-program aplikasi: “Google Chrome 18.0.1025.142”, “Dropbox 1.2.50”, “LibreOffice 3.5.1″, dan “Gimp 2.6.12”. Topik lain membahas aplikasi Feng Suit Office yang bermanfaat untuk pengelola tulisan dan proyek secara online menggunakan sebuah web browser. Untuk meingkatkan pengetahuan pembaca diperkenalkan IPv6, yaitu alamat IP versi 6 yang sejak lama diharapkan menjadi pengganti versi 4 yang masih digunakan saat ini. Disamping pembahasan secara umum, juga dijelaskan cara implementasinya pada sebuah jaringan.

Dalan rubrik Aktual diberitakan tentang “Dimulainya IOSA 2012”, “Seminar Linux di Negeri Papua”, dan “Seminar dan Workshop InfoLINUX”. Sementara dari para pakar Opini yang mengangkat topik “Mengenai Penetration Testing” oleh Budi Rahardjo, disusul Michael S Sunggiardi yang menemukan “Kesalahan Penerapan TIK”, sedangkan I Made Wiryana mengungkapkan kasus “Hilangnya Kekayaan Negara”.

Setelah Surat Anda semuanya terjawab, InfoLINUX bulan ini menampilkan Profil Bapak Nana Suryana, yang dikenal aktif sebagai Pengembang Linux IGOS Nusantara.

Rubrik Tes&Review membahas “Server Virtual”. Sementara distro yang dibahas bulan ini adalah Distro: PCLinuxOS KDE  2012.02 dan IGOS Nusantara R7.1. Sedangkan untuk aplikasi Game diliput “StuntRally 1.4”, dan “Me and My Shadow 0.3”.

Tiga buku yang dikupas bulan ini adalah buku-buku berbahasa Inggris yang masing-masing berjudul “Engarde Secure Linux”, “Introduction to Networking Basics”, dan “Ubuntu Linux Toolbox 2nd Edition”.

Sebagai Software Pilihan diliput paket-paket aplikasi “Pidgin 2.10.3”, “Mozilla Firefox 11.0”, “LibreOffice 3.5.1”, “XAMPP 1.7.7″, “SMP Layer 0.7.1”, “FlightGear 2.6.0″, “Samba 3.4.15”, “Google Chrome 18.0.1025.142”, “Mozilla Thunderbird 11.0”, “Dropbox 1.2.50”, “GIMP 2.6.12”, “BMPLayer 1.0.5 Beta 1″, ” dan JGnash 2.8.0″.

Sebagai topik Utama dibahas “Membangun Virtual Server dengan Xen” dan kegiatan komunitas yang diliput bulan ini adalah “Komunitas Linux Kal-Tim Pecahkan Rekor”, dan “KSL-UBL Adakan Document Freedom Day”.

Dalam rubrik Praktik Instan disuguhkan pencerahan mengenai “Kantor Online via Feng Office“. Untuk Net Admin disediakan informasi tentang “Server Data dengan GlusterFS“, dan “Daftar Warnet Berbasis Linux Di Indonesia”.

Kolom Tutorial menyediakan panduan tentang cara-cara “Remastering Linux”, “Mengenal IPv6 dan Implementasi di GNU/Linux”, “Android ListView dan ListActivity”, dan “Otentikasi dan Otorisasi User”.

Rubrik Tip&Trik mengajak pembaca “Mencari dengan GREP”, sedangkan rubrik Workshop diisi dengan kegiatan “Berkokok dengan GPlurk”, “Manipulasi Gambar Bitmap”, “Cetak Lembar Amplop di LibreOffice”, “Formula Tahun, Bulan dan Hari di LibreOffice”, “Membuat Animasi Sederhana”, dan “Gnome 3, Cinnamon dan LXDE di IGN 7.1”.

Setelah mengisi Kuis InfoLINUX, pembaca dapat mengetahui tentang “Edisi Mendatang”. InfoLINUX edisi bulan Mei ini dapat ditemukan di gerai-gerai media terdekat.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s