Ubuntu 12.10 dijuluki Quantal Quetzal

ubuntu_12.10_quantal_quetzal_600x600

Ubuntu 12.04 LTS “Precise Pangolin” belum hadir, namun perdiri Ubuntu Mark Shuttleworth telah memikirkan edisi berikutnya. Versi 12.10 (QQ) yang dijadwalkan terbit pada bulan Oktober 2012 telah diberi nama “Quantal Quetzal” mengunakan awalan huruf Q menyusul P sesuai urutan alpabet. Pilihan nama “Quantal Quetzal” menurut Shuttleworth disaring dari banyak saran dengan awalan Q seperti misalnya “Queer Quokka”. Namun penentuan nama Quantal Quetzal seperti juga nama-nama sebelumnya, adalah merupakan hasil dari proses pemilihan yang berlangsung secara demokratis.

Quetzal adalah burung yang memiliki sosok warna-warni yang indah, dan dengan demikian diharapkan bahwa Ubuntu generasi berikutnya akan meninggalkan warna coklat yang merupakan ciri khas dari artwork Ubuntu sebelumnya, untuk tampil lebih cerah dan warna-warni. Ubuntu 12.10 (QQ) menyusul edisi 12.04 LTS (Long Term Support, beredar malam ini), adalah edisi regular dengan siklus dukungan 2 tahun, merupakan ajang uji coba untuk fitur-fitur baru termasuk disain tampilan. Hasil akhir semua experimen, setelah melampaui versi 13.04 (RR) dan 13.10 (SS), nantinya dituangkan dalam edisi 14.04 LTS yang dijadwalkan pada bulan April 2014 dengan dukungan jangka panjang.

Bagian penting yang berulang ditekankan Shuttleworth untuk Ubuntu 12.10 adalah masalah kualitas. Uji coba (tes) yang komprehensif menurut Shuttleworth telah diterapkan saat ini akan dikembangkan lebih jauh. Dalam proses pengembangannya, distro Ubuntu seyogyanya setiap saat bisa digunakan, sehingga banyak pengguna dapat turut berperan melakukan uji coba dan memberikan umpan balik. Sementara itu, sistem otomasi yang mengintegrasikan, termasuk tes Benchmark proses uji coba akan berjalan secara berkesinambungan. Menurut Shuttleworth, kualitas diawali saat memilih paket software yang akan diintegrasiken di distro Ubuntu. Terkait dengan hal itu, Shuttleworth menyinggung tentang berakhirnya penggunaan Systemd sebagai pengganti sistem Init, dan menggunakan Upstart sebagai sistem Init standar. Upstart dikembangkan oleh Ubuntu yang menurut pengakuan Shuttleworth telah di-tes dengan baik, disamping kompak, akurat dan jelas.

Rencana lebih rinci untuk pengembangan Ubuntu 12.10 (QQ) akan dibahas di ajang acara Ubuntu Developer Summit yang akan berlangsung mulai tanggal 7 sampai 11 Mei mendatang di Oakland. Jadwal penerbitan Ubuntu 12.10 “Quantal Quetzal” telah ditetapkan pada tanggal 18 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s