FreeBSD 8.3 Tambahkan Fitur dan Perbaikan

FreeBSD 8Setelah beberapa kali penerbitan kandidat rilis, kini tersedia versi final sistem operasi padanan Unix versi FreeBSD 8.3. FreeBSD 8.3 merupakan versi pembaruan terhadap versi FreeBSD 8.2 yang telah telah diterbitkan pada akhir bulan Februari 2011 lalu. Sejatinya, sejak bulan Januari 2012 telah tesedia versi FreeBSD 9.0, namun pengembangan cabang garis stabil generasi 8.x ini masih banyak digunakan dan masih didukung pengembangnya untuk beberapa waktu kedepan.

Pembaruan dilakukan pada penambahan kecil beberapa fitur baru, perbaikan pada fitur yang ada dan peningkatan dukungan hardware, disamping update untuk sebagian besar perangkat lunak yang disertakan. Sembilan perbaikan telah terintegrasi guna menutup lubang keamanan pada program-program yang menjadi bagian dari sistem dasar. Kerangka kerja DTrace di dalam kernel telah diperluas dengan memungkinkan system calls (panggilan sistem) dari semula hanya untuk sistem 32-bit, kini telah mencakup sistem 64-bit disamping telah melakukan penambahan panggilan sistem untuk meningkatkan kesesuaian dengan POSIX.

USB-Subsystem kini mendukung Paketfilter, dan pada TCP/IP-Subsystem diintegrasikan sebuah kerangka kerja (Framework) modular untuk pencegahan dan resolusi kemacetan sistem. Driver ataraid, yaitu Software-RAIDS berbasis BIOS atau Fake-RAIDs, didukung dan diganti dengan graid. Serangkaian driver juga ditambahkan yang memperluas dukungannya terhadap Hardware.

Sistem berkas ZFS diperbaharui ke SPA Versi 28, dan Fast File System kini mendukung komando TRIM. Yang diperbaharui juga termasuk beberapa paket software, seperti lingkungan Desktop KDE yang menyediakan versi 4.7.4. Gnome masih dalam versi 2.32.1. Demikian juga GCC dengan versi 4.2, yaitu versi terakhir yang masih menerapkan lisensi GPLv2.

Keterangan lebih rinci tentang pembaruan dan perbaikan di FreeBSD 8.3 dapat ditelusuri di catatan rilis.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s