Majalah InfoLINUX 2012 Februari

Majalah InfoLINUX edisi bulan Februari 2012 mengemas openSUSE 12.1 sebagai bonus berupa sisipan DVD-DL yang memuat beberapa perubahan mendasar di sistem operasinya bersama Ragam si Bunglon Hijau (Kadal Ijo). Bonus software dalam DVD termasuk aplikasi database CitrusDB 2.4.1, aplikasi pesan pendek Esmska 1.1, aplikasi pengelola proyek LibrePlan 1.2.0 dan CMS untuk membuat situs XOOPS 2.5.4. Sebagai topik utama diangkat masalah keamanan dengan tema “Build Your Own HTTP Security System: Stronghenge Firewall“, yaitu sebuah aplikasi firewall untuk HTTP berbasis web dengan konfigurasi minimalis. Topik kamanan lain membahas cara membatasi Port dengan IP-tables.

Pembaca kreatif dapat menyimak cara menciptakan desain (baju) kaos Linux berlogo penguin Tux menggunakan aplikasi Inkscape. Distro khusus yang dibahas kecuali openSUSE 12.1 adalah RIPLinux yang membawa banyak aplikasi penyelamat (recovery) dan utiliti untuk memperbaiki sistem Anda.

Daftar isi tertulis InfoLINUX 2012/02 ini diawali dengan Editorial dan Indeks. Berita Aktual memuat tentang: Rilis Firefox dan Thunderbird Versi 9.0, WordPress untuk Android, VirtualBox dengan 3D, Ubuntu Sabily 11.10 Usung Desktop Unity, Bahasa Ceylon Versi 1.0, dan Twitter Rilis TextSecure.

Opini dari para pakar: I Made Wiryana membahas Pelayanan Publik Prima dengan OSS, Budi Rahardjo memaparkan Awal Terjadinya Sebuah Produk, sedangkan Michael S Sunggiatdi mengungkapkan Gonjang Ganjing Bisnis TIK Indonesia.

Setelah membalas semua Surat Anda, disampaikan Tes & Review tentang Brand New openSUSE, yang disusul dengan pembahasan Distro: openSUSE 12.1 dan Parted Magic 2011-11-24. Aplikasi permaninan Game yang dibahas kali ini adalah Brikx 0.4.2 dan Liquid War 6.

Liputan Buku membahas buku App Inventor for Android, HTML5 Multimedia: Develop and Design dan Beginning Building Mobile Application Development in the Cloud.

Software Pilihan yang diliput dalah edisi InfoLINUX bulan yang sama meliputi: Clonezilla 1.2.11-23, CitrusDB 2.4.1, Esmska 1.1, Viper 1.0.0, JShot 2.1.0.1, LiVES 1.4.9, SABnzbd 0.6.14, qooxdoo 1.6, EKD 3.0.0, Quite Universal Circuit Simulator 0.0.16, XOOPS 2.5.4, BallSpace 4.5, dan LibrePlan 1.2.0.

Seperti telah disebutkan diatas, topik utama kali ini adalah tentang Perlindungan Port HTTP dengan Stronghenge.

Kegiatan komunitas uang diliput adalah: UGP Kembangkan Distro Linux Deep-IX dan Sepuluh Kab/Kota Terbaik IOSA 2011, sementara Rubrik Praktik Instan memuat Maintenance OS dengan RIPLinux.

Konten menarik untuk Net Admin membahas cara Membatasi Koneksi Port Setiap Alamat IP dengan iptables dan merinci Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia.

Rubrik Tutorial memuat: Beberapa Perintah Linux yang Sering Digunakan, Mudah Instalasi Berbagai Aplikasi Web dengan BitNami, Aplikasi TodoList Pencatatan Aktivitas Anda, Menggunakan Elemen Form Yii Framework. Dari kolom Tip & Trik kali ini ditunjukkan cara Melacak Program Kerja di Linux.

Dalam rubrik Workshop terdapat sejumlah pencerahan tentang: XBMC Multimedia Player, Baju Linux, Membuat Format Nomor Handphone Indonesia, Membuat Pie Chart dengan LibreOffice Calc, Membuat Template Cetak Foto, dan Setup Desktop dan Server Linux openSUSE.

Di bagian akhir majalah ini tersedia “Kuis InfoLINUX” yang dapat dimanfaatkan sebagai pengisi waktu luang sambil menanti “Edisi Mendatang”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s