FreeBSD 9.0 Didedikasikan untuk Dennis Ritchie

Setelah lebih dari dua tahun berlalu sejak generasi FreeBSD 8.0, kini tersedia versi FreeBSD 9.0 yang penerbitannya didekasikan untuk almarhum Dennis Ritchie, penemu sistem operasi Unix yang meninggal bulan Oktober 2011 lalu. Banyak pembaruan mengiringi generasi baru ini, terutama pada dukungan terhadap hardaware baru.

Aktualiasasi dukungan aneka hardware ditingkatkan misalnya dukungan untuk USB 3.0. USB-Subsystem kini juga telah disokong sebuah Paketfilter. Kecuali itu, sistem berkas di FreeBSD 9.0 disertai dengan sejumlah fungsi baru. Sistem berkas ZFS ditingkatkan ke versi 28 dan telah mendukung fitur duplikasi yang menghemat memori. Sistem  ZFS 28 RAID kini mendukung Raidz3 berikut beberapa fitur baru yang terkait. Fast File System kini mendukung Softupdates dengan Journal dan tersedia komando TRIM yang cukup penting untuk Flash-Disks. Sebuah Framework untuk Highly Available Storage (HAST) juga telah ditambahkan di FreeBSD 9.0 ini.

Komponen Kernel pada FreeBSD 9.0 kini mengandung model otorisasi bernama Capsicum yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi dalam Sandboxes. Selain itu, Kernel telah ditambahkan dengan antarmuka untuk fitur hhook dan khelp, disamping antarmuka untuk melakukan pengukuran dan pembatasan pada penggunaan sumber daya. Pemilik Sony Playstation 3 dengan firmware lama dapat menjalankan FreeBSD 9.0 versi PowerPC.

Pembaruan-pembaruan lainnya adalah termasuk fitur DTrace untuk aplikasi, peningkatan pada skalabiliti untuk sistem menggunakan 32 prosesor atau lebih, dukungan untuk NUMA, perbaikan pada infrastrukur Event-Timer, NFSv4 sebagai Client dan Server, dukungan untuk drive ATA dengan sektor 4KB, sebuah driver baru untuk hardisk AHCI-SATA dan ATA CAM, jaringan nirkabel WLAN yang lebih cepat dengan IEEE 802.11n, sebuah infrastruktur Plugin untuk menghindari kemacetan pada stack TCP/IP dan banyak fitur-fitur lainnya. Program intaller juga diperbaharui. Keterangan lebih rinci untuk semua perbaikan dan peningkatan dapat ditemukan di dokumen Release Note.

Sehubungan dengan GCC versi terbaru menganut lisensi GPLv3 yang lebih membatasi dibandingkan GPLv2 atau lisensi BSD yang total bebas, maka proyek FreeBSD hanya ingin menggunakan GCC sampai dengan versi 4.2 digunakan dalam mengimpor Basissystem. Hal itu berdampak terhadap dukungan untuk LLVM yang harus dibangun menggunakan kompiler C/C++ Clang. Rencananya seluruh Basissystem nantinya dibangun menggunakan Clang dan GCC kemudian sama sekali ditinggalkan. Kendati demikian, di lumbung Ports-System tetap tersedia GCC termasuk versi paling kini. FreeBSD juga menyediakan di Ports-System-nya ribuan aplikasi lainnya termasuk lingkungan desktop Gnome 2.32.1 dan KDE 4.7.3.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s