Majalah InfoLINUX 2012 Januari

Edisi pertama majalah InfoLINUX tahun 2012 mengajak pembaca membangun Warnet WiFi menggunakan distro nasional EasyHotspot dan merupakan salah satu cara cepat membuka usaha komersil Warnet. Untuk mengendalikan desktop jarak jauh dibahas cara penggunaan aplikasi TightVNC. Menggunakan aplikasi XBMC dipaparkan cara membangun sebuah Media Center yang lengkap di desktop Ubuntu. Sebagi distro bonus sisipan DVD bulan ini disertakan distro Mandriva Free 2011 “hydrogen”.

Rubrik Opini diisi oleh Budi Rahardjo, dengan judul “Maka, Jadilah Dia, Macdebian” yang membahas tentang pengalaman pribadi penulis berhasil melakukan instalasi distribusi Linux Debian pada sebuah Mac Mini. Michael S. Sunggiardi menyampaikan opini tentang “Masa Depan Warnet” memaparkan sebuah acara yang diikutinya di negeri jiran Malaysia bersama penggagas-penggagas warnet se-Asia Pasifik pada International Telecomunication Union (ITU). Sedangkan rekannya dalam rubrik ini, I Made Wiryana mengungkapkan opini berjudul “Arsitektur Layer Kecil tapi Perkasa” yang membahas bagaimana menggunakan disto Linux kecil pada hardware usang, dan menunjukkan fleksibilitas sebuah sistem operasi Linux seperti Damn Small Linux yang memiliki arsitektur layer tertata baik.

Distro yang dibahas kali ini utamanya meliput Mandriva 2011 berikut keterangan singkat tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada distribusi Linux Mandriva 2011. Distro lain dibahas POCI Linux 2.7 yang tim pengembang Linux nasional termasuk KPLI Tegal, sebagai penerus distro Linux POCI versi sebelumnya.

Pada rubrik Game dibahas permainan FlightGear 2.4, yaitu permainan simulasi belajar mengemudikan pesawat terbang tanpa harus menjadi pilot yang sesungguhnya. Bahasan lainnya adalah NAEV 0.5.0, yaitu sebuah permainan arcade pesawat luar angkasa yang terinspirasi dari game Escape Velocity.

Buku-buku yang diliput bulan ini adalah buku “The Art of R Programming” sebagai buku panduan bagi mereka yang ingin belajar programan khusus aplikasi statistik menggunakan bahasa pemrograman R. Buku “The Linux Command Line” menjelaskan seluk beluk perintah Linux yang dijalankan dari terminal, termasuk apa saja yang tidak bisa dijalankan dari mode grafis dan lainnya. Buku lainnya yang diliput adalah “Virtual Network Computing”, merupakan buku khusus VNC yang menjelaskan tentang macam, sejarah, dan fungsi dari aplikasi ini.

Software-software yang menjadi pilihan pembahasan bulan ini meliputi aplikasi: Mozilla Thunderbird 8.0, Calibre 0.8.26, Open Administration for Schools 6.50, PeaZip 4.1, SpeakGoodChinese 2.0, Mossic 1.5.6, ProsePoint 0.41, darktable 0.9.3, WebCollab 3.00, LTris 1.0.18, KMyMoney 4.6.1, Movgrab 1.1.2, srmqt4 0.2.

Dalam Rubrik Utama dibahas tentang cara “Membangun Usaha Warnet Berbasis Wi-Fi”. Secara singkat dipaparkan, bagaimana melakukan instalasi dan konfigurasi pada distribusi Linux EasyHotspot. Selain itu disediakan berbagai studi kasus dengan langkah-langkah membangun sebuah warnet, baik menggunakan media kabel ataupun nirkabel. Teknologi nirkabel yang saat ini telah umum digunakan pada gadget seperti smartphone dan tablet merupakan peluang pasar membangun Warnet Nirkabel. Walaupun dikupas secara singkat namun sudah cukup untuk membangun warnet dengan WiFi sebagai salah satu koneksinya.

Kegiatan Komunitas yang direkam bulan ini adalah tentang “KPLI Medan Pesta Rilis Ubuntu 11.10” dan “Kolaborasi Komunitas dan Pemerintah”.

Rubrik Praktik Instan diisi dengan topik “Remote Desktop dengan VNC” yang menjelaskan bagaimana pembaca dapat memanfaatkan teknologi remote pada komputer dengan menjadikan Linux sebagai servernya. Penjelasan mulai dari instalasi disamping sebuah studi kasus bagaimana melakukan koneksi dari klien ke server dan sebaliknya.

Rubrik Netadmin berjudul “Tampilkan Remote Folder Data dengan layanan SSHFS” menjelaskan salah satu cara untuk menampilkan sebuah direktori yang berisi data pada sebuah servermenggunakan layanan SSH melalui SSHFS.

Rangkaian Tutorial yang dimuat bulan ini adalah “Tutorial Ubuntu 11.10” yang memandu pembaca beralih ke sistem operasi Ubuntu 11.10 tanpa ragu. “Tutorial Android” membahas lanjutan bahasan yang telah dimuat di InfoLINUX edisi 11/2011, terutama mengenai proses sebuah aktifitas yang berisi form inputan user yang kemudian disimpan di basis data SQLite. Tutorial yii Framework membahas Interaksi Model View Controller (MVC) pada Yii Framework dan merupakan sebuah pola desain dalam pengembangan software, terutama untuk melakukan replikasi cepat.

Pada rubrik Tip dan Trik ditunjukkan cara-cara melakukan monitoring kinerja Linux dengan menggunakan iostat. Sementara Rubrik Workshop diidi dengan sejumlah bahasan tentang: Workshop Aplikasi yang membahas XBMC Multimedia Player, pemutar musik, video, termasuk aplikasi yang dapat menjalankan aplikasi di dalamnya. Workshop Inkscape menunjukkan cara membuat jaring laba-laba berwarna emas menggunakan program aplikasi inkscape. Fitur yang digunakan meliputi fasilitas Transform, Align and distribute, Flip, Duplicate, dan Filter. Workshop Office menunjukkan sebuah Trik untuk mengubah splash screen di LibreOffice, menambahkan template presentasi di LibreOffice Impress dan membuat Style dan Formatting. Workshop GIMP mengajak pembaca untuk belajar membuat sketsa wajah atau gambar dari sebuah foto pribadi cukup dengan enam langkah. Workshop Distro memberikan pendalaman mengenai distro Linux Mandriva 2011 berikut desktop KDE.

Untuk edisi InfoLINUX bulan berikutnya telah dijadwalkan topik-topik menarik lainnya dengan distribusi Linux utama openSUSE 12.1. Sebagai topik utama akan diangkat Proteksi HTTP dengan aplikasi stronghenge, sementara untuk praktik Instan diajak untuk untuk Mendalami Distro RipLinux. Untuk Workshop Inkscape akan dipaparkan cara membuat kaos berlogo Linux dan Tutorial Android membahas Widget Picker dan TimePicker. Pada Workshop Aplikasi melanjutkan (tahap 2) bahasan mengenai Multimedia dengan XBMC.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s