CentOS dan Klon RHEL Lainnya Samasama Terbitkan Versi 6.2

Para pengembang distribusi klon RHEL, baik Oracle Enterprise Linux, CentOS maupun PUIAS nyaris serentak dalam menerbitkan klon untuk versi RHEL 6 update 2 dan masing-masing membutuhkan sekitar dua minggu setelah RHEL 6.2 dirilis. Khusus untuk CentOS 6.2 dirilis sekitar satu minggu setelah penerbitan CentOS 6.1.

CentOS terbaru menggunakan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 6.2 sebagai basis pengembangannya. Seperti pada RHEL 6.2, edisi komunitas ini juga ditenagai menggunakan Kernel 2.6.32 yang telah mendapat peningkatan khusus. Disamping itu telah dilakukan penggantian untuk sistem kompresi berkas, dari initrd.img ke sistem LZMA yang sekaligus berdampak pada ukuran file yang lebih kompak.

Untuk menginstalasi melalui jaringan (Net Install) kini dimungkinkan menggunakan alamat IPv6 statis. Pengembang CentOS juga menyertakan driver ekstra seperti yang tersedia untuk RHEL. Driver SCSI qla4xxx telah dimodifikasi agar tidak lagi terkait dengan Firmware tertentu, melainkan dengan open-iscsi dalam hal pengelolaan iSCSI. Kecuali itu, beberapa driver SCSI telah dioptimalkan untuk memastikan nantinya semua berjalan tanpa masalah.

Semua sistem berkas yang disokong CentOS seperti XFS, Parallel NFS dan CIFS telah ditingkatkan ke versi terkini. Perbaikan penting lainnya adalah pada sistem virtualisasi KVM dan Xen yang mampu meningkatkan kecepatan pada jaringan dan dukungan USB 2.0 pada KVM serta dukungan untuk Memory Ballooning untuk Xen.

Oracle Linux 6.2

Hampir bersamaan, yaitu dua minggu setelah rilis Red Hat Enterprise Linux 6.2, Oracle juga merilis klon yang sama dengan mengaktualkan “Oracle Linux” (sebelumnya Oracle Enterprise Linux) ke versi 6.2. Seperti CentOS, PUIAS, dan Scientific Linux, produk Oracle ini dibangun menggunakan kode sumber yang disediakan Red Hat dan menambahkan beberapa fitur yang dikembangkan oleh Oracle guna memenuhi kebutuhan pelanggannya atau penyesuaian dengan produk Oracle lainnya.

Perubahan atau penambahan terpenting adalah modifikasi di Kernel. Disamping kernel aslinya, Oracle juga menyediakan “Unbreakable Enterprise Kernel” yang dipasang secara default pada saat instalasi. Kernel yang diandalkan untuk Oracle Linux 6.2 ini menggunakan versi Linux 2.6.32-46 sebagai basis yang telah divermak dan dikoreksi untuk dijadikan sebuah “Unbreakable Enterprise Kernel”. Korektur terutama pada peningkatan kecepatan antarmuka jaringan (Network I/O) dan Virtual Memory. Memenuhi persyaratan lisensi GPL, Oracle menyediakan akses untuk publik terhadap kode sumbernya.

PUIAS Linux 6.2

PUIAS Linux adalah versi komunitas atau sebuah klon dari RHEL yang diterbitkan dan dikembangkan oleh staf dari Universitas Princeton (The Princeton University Institute of Advanced Studies). Sejatinya, keberadaan PUIAS lebih dini dari CentOS atau Scientific Linux, namun kurang membumi karena awalnya hanya menyediakan fasilitas instalasi via jaringan (net install) saja dan baru belakangan menerbitkan media instalasi. Sejak versi PUIAS 6.2 diterbitkan set DVD dengan paket penuh seperti lazimnya dilakukan CentOS dan Scientific Linux.

Tidak berbeda dengan gaya Red Hat, instalasi PUIAS menggunakan Anaconda yang tidak asing lagi. Seperti RHEL, instalasi PUIAS juga menawarkan sejumlah tipe sistem instalasi mulai dari sistem server basic, desktop sampai dengan sistem Computational node.

Seperti pada Scientific Linux, namun berbeda dengan CentOS yang lebih universal, PUIAS ditargetkan untuk komunitas khusus terutama untuk para peneliti di perguruan tinggi, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh mereka yang berkiprah dibidang lainnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 175 pengikut lainnya.