Sabily “Uhud” 11.10 Gunakan Unity

Walaupun sempat tertunda terhitung sekitar empat minggu sejak jadwal sebelumnya, Sabily “Uhud” yang cukup lama dinantikan akhirnya tersedia. Edisi Sabily “Uhud” 11.10 merupakan distribusi berlandasan Ubuntu 11.10 “Oneiric Ocelot” yang ditargetkan bagi Ummat Muslim.

Disamping aplikasi standar Ubuntu, distro ini terutama membundle paket-paket aplikasi Islam seperti Hijra, Thawab, Monajat, dan Alfanous.

Pembaruan di edisi terkini termasuk gambar dan wallpapar bertemakan “Uhud”, plymouth baru dan tema GDM baru. Aplikasi Hijra mendapat dukungan lebih baik untuk Gnome3 dan penambahan ekstensi Gnome shell dan Unity. Tema untuk Thawab kini dapat dikonfigurasi disamping penambahan skrip bok2ki. Untuk aplikasi Monajat dilakukan perbaikan pada pengingat waktu sholat dan azan player. Juga baru adalah penambahan fonts-hosny-amiri, yaitu font tipografi dengan style berorientasi Arabic Naskh.

Aplikasi-aplikasi baru yang ditambahkan kali ini termasuk mesin pencari Quranic: Alfanous, gnome-shell-extension-islamic-datetime sebagai ekstensi GNOME Shell yang menyediakan fungsi jam dan tanggal Islam. Kecuali itu ditambahkan sebuah gnome-tweak-tool sebagai opsi untuk kustominasi lebih rinti pada GNOME 3.

Beberapa diantara fitur-fitur asal Ubuntu 11.10 yang menjadi bagian dari Sabily “Uhud” adalah Linux kernel 3.0, klien email Thunderbird sebagai aplikasi email default yang menggusur Evolution. Desktop utama menggunakan Gnome3, sementara untuk sistem backup disertakan Déjà Dup dan sebagai Login manager digunakan lightdm menggantikan gdm. Aplikasi Gwibber diberikan antar muka baru berasal dari teknologi GNOME terkini. Tidak pernah dilupakan di semua versi Sabily dan Ubuntu-ME adalah penjaring situs “nanny” yang dapat digunakan orang tua melindungi putra putrinya dari situs-situs yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s