CentOS 6.1: Linux Komunitas Skala Perusahan

Pengembang distribusi CentOS telah merilis versi 6.1 yang sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi yang sama. Berbeda dengan RHEL, CentOS tidak sekedar menghapus merek dagang dan artwork asal Red Hat saja, melainkan juga telah menggabungkan paket software termasuk repositori dari semua varian menjadi sebuah distribusi demi kemudahan penggunanya.

Semua kekliruan fatal pada hakekatnya segera mendapatkan perbaikan oleh tim pengembang CentOS. Agar pengguna bisa setiap saat mendapatkan peningkatan tanpa perlu menanti rilis berikutnya, sejak beberapa bulan lalu tim CentOS telah menyediakan depot “Continuous Release” (Repo CR) yang menampung paket software terkini (bugfix dan security updates) yang diterbitkan secara berkala seirama dengan rilis paket untuk RHEL.

Repositori CR mencerminkan fleksibilitas pada sistem pembaruan untuk CentOS. Kecuali perbaikan terhadap kekliruan, di Repo CR juga tersedia paket-paket RPMs yang merupakan bagian dari rilis berikutnya. Informasi selebihnya tentang Repo CR dapat disimak disini: http://wiki.centos.org/AdditionalResources/Repositories/CR

Bersama CentOS 6.1 disertakan semua peningkatan seperti yang telah disediakan untuk RHEL 6.1. Diantaranya adalah peningkatan pada dukungan terhadap aneka hardware baru, sebuah sistem failover otomatis untuk mesin virtual dan software aplikasi, disamping peningkatan untuk pengelola paket Yum. Yum yang baru menyediakan fitur pelacak yang ramah pengguna, termasuk komando untuk “updateinfo” dan “versionlock”.

Baik untuk arsitektur 32 maupun 64-bit, CentOS 6.1 menerbitkan media yang terdiri dari masing-masing dua keping DVD untuk instalasi lengkap, Net-Install atau Rescue dalam ukuran miniCD, sebuah CD minimal Install untuk instalasi dengan fitur terbatas, dan LiveCD+LiveDVD untuk dijalankan tanpa perlu sebelum menanamkannya di harddisk.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s