Majalah InfoLINUX 2011 Oktober

InfoLINUX bulan Oktober 2011 lalu menyertakan bonus DVD-DL berisi distribusi Linux karya anak bangsa yaitu BlankOn 7.0 Pattimura, termasuk edisi khususnya BlankOn Sajadah 7.0, kemudian Sabayon 6 dengan desktop Enlightmen E17. Sebagai topik utama kali ini dibahas cara mengunduh dan berbagi berkas menggunakan Torrent, seraya memperkenalkan 10 aplikasi torrent yang dapat dijalankan di Linux.

Untuk dunia pendidikan, InfoLINUX meliput Sistem Sekolah Berbasis Online. Sistem sekolahan yang bercokol di awan itu bisa diakses secara daring via web browser dan informasinya dapat dipantau maupun dikelola dari manapun via Internet.

Diawali dengan Editorial dan Indeks, InfoLINIX kemudian menyajikan sejumlah Berita Aktual seperti: “Peluncuran Website Ubuntu untuk Developer Aplikasi”, “Google Beli Paten IBM”, “Repositori LibreOffice”‘ “Google dan Intel Bekerja Sama untuk x86 Android”, “Rilis Final Ubuntu 11.10” dan “Rilis Kode Sumber HPCC”

Opini dari 3 Pakar memahas topik-topik: Ke manakah Majalah “Ngoprek” yang dibawakan oleh I Made Wiryana, kemudian Budi Rahardjo meyoalkan: “Kesenjangan Digital”, sedangkan Michael S Sunggriadi menulis tentang: “Sistem Operasi Ponsel”.

Setelah membalas semua “Surat Anda”, InfoLINUX 2011/10 ini memberi perhatian pada Hardware dengan liputan untuk produk: Thecus N5500 dan Rainer SV110C4-3.1 SATA35NR.

Distro yang dibahas InfoLINUX bulan Oktober adalah: BlankOn 7.0 dan BackBox Linux 2, sementara untuk Game yang diliput adalah paket software Xye 0.10 dan Pushover 0.0.3

Diantara Software Pilihan yang kali ini dijagokan adalah: FrontAccounting 2.3.7, AbiWord 2.9.1, Inkscape 0.48.2, etm 877, Kid3 2.0, ClamTk 4.35, avconvert 0.94, LibreOffice 3.4.3, jHepWork 3.1, Panda3D 1.7.2, ZoneMinder 1.25.0, KeepNote 0.7.5, dan JFtp 1.54.

Kegiatan-kegiatan Komunitas yang diliput membahas tentang: “YPLI Adakan Tes Sertifikasi Linux”, “FUI Adakan Seminar dan Workshop Ubuntu”

Untuk rubrik Praktik Instan disuguhkan topik “Sistem Administrasi Sekolah”. Sedangkan topik untuk Net Admin diterangkan bagaimana cara “Belajar Subnetting dengan ipcalc”, sebelum merinci jumlah warnet yang dicatat di Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia.

Tutorial senantiasa mendapatkan perhatian khusus di kalangan pembaca InfoLINUX yang kali ini memberikan pencerahan untuk beberapa topik seperti “Berbagai Tips Keamanan Server Linux”, disusul dengan tutorial yang membahas tentang “Melakukan Presentasi Desktop secara Online dengan Mikogo” dan ditutup menyajikan tutorial mengenai “Android Live Wallpapers”.

Setelah merinci “Tip&Trik”, menyusul “Workshop” dengan topik-topik menarik seperti:

  • Mengelolah Database dengan phpMyAdmin
  • Membuat Pola Pattern Sederhana
  • Memisahkan Alamat ke dalam sel
  • Menghitung Total Jumlah Waktu
  • Mengekstraksi Nama Lengkap
  • Rigging Karakter Logo Pixar dengan Teknik dan Pivot Parenting di Aplikasi  Blender 2.5
  • Mencoba BlankOn 7.0 Pattimura

Seperti biasanya, pada halaman akhir senantiasa disuguhkan “Kuis InfoLINUX” yang disusul dengan bahasan tentang isi dari “Edisi Mendatang”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s