Ubuntu: 15 Kali Sukses

ubuntu7year_560

Peluncuran Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot bulan ini merupakan kali 15 rilis Ubuntu Linux versi stable. Rilis perdana dilansir tepat 7 tahun lalu bersama kehadiran Ubuntu 4.10 “Warty Warthog”.

Ubuntu merupakan salah satu dari ratusan distribusi sistem operasi berbasis Linux yang tersedia secara bebas dan dikembangkan serta mendapatkan dukungan, baik dari komunitas maupun tenaga ahli profesional yang dibayar perusahan sponsor (sponsor utama adalah: Canonical Inc.).

Kata “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Selain itu Ubuntu juga bisa diartikan “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”, melebihi dari sekedar semangat gotong royong. Distribusi sistem operasi Linux Ubuntu mengambil makna yang terkandung dan menterjemahkannya sebagai sebuah semangat baru yang dituangkan ke dalam dunia perangkat lunak.

Pada tanggal 20 Oktober 2004, Mark Shuttelworth sebagai mantan pengembang Linux Debian, juga kosmonot dan/atau turis luar angkasa pertama asal Afrika Selatan, merilis versi Ubuntu 4.10 “Warty Warthog” yang membutuhkan cuma tidak lebih dari setengah tahun untuk meraih popularitas diantara semua distribusi Linux yang ada. Konsep yang dianutnya untuk mempertahankan posisi Top yang diraihnya ternyata cukup sederhana. Ubuntu tidak harus hanya memberikan rasa aman saja, namun lebih dari itu, ia harus mudah dipasang dan mudah digunakan.

Salah satu kunci keberhasilan Ubuntu adalah pembatasan yang dilakukan terhadap jumlah aplikasi yang diintegrasikan dan diselaraskan satu dengan lainnya. Sementara distribusi lain menyediakan lebih banyak aplikasi serupa dan memiliki cara penggunaan yang beragam, Ubuntu mempersempit pilihan dengan mengadopsi satu program yang disempurnakan di Ubuntu untuk setiap jenis aplikasi.

Dibandingkan dengan distribusi lainya yang saat itu sudah mapan, Shuttleworth dan pengembang Ubuntu ternyata berhasil dalam hal memenuhi selera kebanyakan pengguna Linux. Sejak pertengahan 2005, tidak lama setelah Ubuntu 5.04 dirilis, berdasarkan statistik Distrowatch, Ubuntu telah ngetop sebagai distro paling popular diseluruh dunia.

Alasan lain keberhasilan Ubuntu untuk mempertahan posisi nomor satunya adalah konsistensi dalam beberapa hal yang menentukan. Walaupun Ubuntu, seperti distribusi lainnya dikembangkan oleh sukarelawan, namun dibawah pimpinan Shuttelworth secara konsekuen dan konsisten berupaya menawarkan jadwal rilis yang teratur, menyediakan versi dengan dukungan panjang (LTS: Long Term Support) dan menerapkan cara penggunaan yang konsisten. Baru sejak Ubuntu 11.04 Shuttelworht menawarkan perubahan drastis dengan memperkenalkan antarmuka desktop Unity guna penyesuaian dengan tuntutan jaman.

Versi Jadwal Nama Kode
4.10 2004 Oktober Warty Warthog
5.04 2005 April Hoary Hedgehog
5.10 2005 Oktober Breezy Badger
6.06 LTS 2006 Juni Dapper Drake
6.10 2006 Oktober Edgy Eft
7.04 2007 April Feisty Fawn
7.10 2007 Oktober Gutsy Gibbon
8.04 LTS 2008 April Hardy Heron
8.10 2008 Oktober Intrepid Ibex
9.04 2009 April Jaunty Jackalope
9.10 2009 Oktober Karmic Koala
10.04 LTS 2010 April Lucid Lynx
10.10 2010 Oktober Maverick Meerkat
11.04 2011 April Natty Narwhal
11.10 2011 Oktober Oneiric Ocelot

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s