GNOME Galang Partisipasi Perempuan

Program Outreach GNOME untuk Perempuan (GNOME Outreach Program for Women) membuka peluang bagi perempuan yang ingin berpartisipasi atau magang dalam sebuah proyek perangkat lunak bebas (FOSS). Pendaftaran dapat dilakukan segera sampai dengan akhir Oktober 2011. Outreach Program yang digalang dan didanai oleh Yayasan Gnome, berkolaborasi bersama Google dan Mozilla dengan tujuan untuk membantu dalam upaya melibatkan lebih banyak perempuan di proyek-proyek perangkat lunak bebas.

Magang di proyek Gnome ini berlangsung selama tiga bulan mulai 12 Desember 2011 sampai 12 Maret 2012. Para peserta bekerja dari rumah masing-masing dan dibimbing oleh seorang mentor yang berkolaborasi dengan tim proyek dan mendapatkan dukungan dari seluruh komunitas Gnome. Peserta magang misalnya dapat mengembangkan perangkat lunak inti desktop Gnome, manajemen berkas, pesan (messaging), program-program popular, aplikasi pendidikan atau pustaka platform. Kecuali itu, peserta juga dapat berpartisipasi dalam proyek-proyek bukan pemrograman seperti misalnya desain grafis, dokumentasi atau bidang pemasaran.

Terkait dengan aplikasi yang akan diajukan, peminat diharapkan telah menyimak beberapa proyek Gnome sebelum memutuskan keterlibatannya di sebuah proyek yang diinginkan. Selama magang peserta akan menerima imbalan berupa beasiswa sebesar 5.000 US Dollar. Pada putaran terakhir dari program ini diperbolehkan delapan peserta perempuan untuk mengenal pekerjaan di proyek Gnome lebih jauh. Mentor yang selama magang telah memberikan bimbingannya, juga bisa dipertahankan untuk membantu selanjutnya, apabila peserta ingin terus terlibat dalam proyek perangkat lunak. Website Gnome merinci informasi lebih lanjut tentang Outreach Program berikut cara aplikasinya.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s