GNOME 3.2 Kelola Layanan Cloud Lebih Baik

Proyek GNOME adalah sebuah proyek utama yang mengembangkan desktop untuk digunakan di berbagai distribusi Linux dan distribusi lain keluarga Unix. Beberapa hari lalu proyek ini telah merilis versi 3.2 yang menyertakan pembaruan dan banyak perbaikan detil. Diantaranya adalah Tool Gnome Online Accounts untuk mengelola akses ke layanan daring (Online) seperti juga pada pengelolaan alamat kontak.

Bersama GNOME 3.2 tersedia update besar pertama dari generasi GNOME 3 yang untuk kali pertama diperkenalkan pada bulan April lalu dan saat ini telah digunakan oleh serangkaian distro seperti pada Fedora 15 dan distro nasional IGOS-2011. Perbaikan yang ditawarkan versi 3.2 terutama untuk mengatisipasi semua kritik yang telah dilontarkan pada versi 3.0 lalu, disamping melakukan penambahan sejumlah fitur baru dan penyempurnaan fitur yang terkait dengan layanan di awan (Cloud Services).

Melalui fitur “Gnome Online Accounts” dimungkinkan pengelolaan terpadu untuk mengakses berbagai akun daring yang dimiliki pengguna. Misalnya akun terdaftar seperti Google, dapat digunakan untuk mengakses aplikasi daring lainnya seperti misalnya aplikasi chat Empathy atau untuk PIM Evolution. Entri di Google-Calender juga dapat disinkronisasikan dengan kalender atau menampilkan e-mail dari Google Mail.

Manjemen Kontak merupakan sebuah fitur baru di GNOME 3.2 untuk mengelola alamat chat dan IRC yang memiliki fungsi pelacakan dari Gnome Shell. Menu status ditambahkan tombol “Do Not Disturb” untuk meminimalisasikan gangguan pemberitahuan, namun bisa ditampilkan bila perlu dari pinggiran bawah layar.

Gnome 3.2 memiliki keyboard layar untuk meningkatkan aksesibilitas dan sekaligus mengoptimalkan Gnome 3 ini untuk penggunaan pada layar sentuh. Bersama fitur colord berikut gnome-settings-daemon terkait, Gnome 3.2 berhasil menyediakan pengaturan warna yang lengkap. Pengguna dapat menyimpan profil warna untuk masing-masing perangkat termasuk penyesuaian dan kalibrasi perangkat eksternal seperti printer dan scanner.

Gnome Shell kini mengambilalih pengelolaan media penyimpanan eksternal dengan menyediakan aplikasi untuk pengelolaan berkas dan gambar. Fitur baru “Quick File Previewer” dapat digunakan untuk menampilkan gambar pratilik secara instan dan mendukung format berkas foto, dokumen PDF, teks, dan beberapa format lainnya.

Browser Gnome Epiphany bisa digunakan untuk menyulap sebuah situs favorit menjadi sebuah aplikasi Web Apps. Aplikasi yang dihasilkan ditampilkan di daftar aplikasi dan bisa langsung dijalankan sebagaimana layaknya sebuah aplikasi. Fitur ini memberikan kenyamanan pengguna situs-situs tertentu seperti Facebook, Google+ atau Twitter. Web Apps dijalankan Epiphany secara terpisah sehingga tidak rentan bila terjadi crash pada browser.

Rincian perbaikan dan pembaruan Gnome 3.2 lainnya dipublikasikan di Release Notes.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s