Majalah InfoLINUX 2011 September

InfoLINUX 2011 bulan September membahas “Server for SOHO” menggunakan distro eBOX sebagai topik utama disamping penyertaan PCLinuxOS 2011.6 sebagai sisipan DVD-DL bonus. Topik yang dikedepankan lainnya termasuk pembahasan aplikasi Phorum, yaitu sebuah CMS khusus untuk Forum. Aplikasi Android: Konverter suhu, Animasi dengan Grease Pencil, dan Emulator Game Linux merupakan topik-topik lainnya yang disajikan untuk pembaca InfoLINUX yang setia.

Editorial mendiskusikan kepiawaian Linux sebagai “Raja Server, Mobile dan Desktop”. Berita Aktual meliput antara lain: “Google: Froyo Masih Unggul untuk Ponsel Android”, “Rencana Generasi Kelima KDE”, “PhoneGap Framework 1.0”, “BlankOn 7 Pattimura dengan User Interface Bersahabat”, “PolarSSL Rilis Versi 1.0”, dan “Bahasa Pemrograman Ruby”.

Opini tiga kontributor tetap dari I Made Wiryana: “Makin Kuasai Teknologi, Makin Ingin Open”, kemudian dari Budi Rahardjo:  “Mau Buat Layanan Apa, Ya?” dan Michael S Sunggiardi: “Sistem Operasi Ponsel”.

Setelah menjawab semua surat Anda, dibahas distro bonus yang disertakan PCLinuxOS 2011.6 dan Fedora 15 Live Desktop. Bonus game disertakan dan diliput: “Frets On Fire 1.3.110”, dan “Epiphany 0.7.0”.

Liputan Buku membahas 3 titel yaitu “Android Application Development For Dummies”, “Koha 3 Library Management System”, dan “Nmap Network Scanning”.

Sebagai software pilihan, kali ini adalah: Nightshade 11.7.1, Jajuk 1.9.4, Oracle VM VirtualBox 4.1.0, Syntainia 0.3.1.1, Dada Mail 4.5.2, Cute Converter 2.1, ClockScreenlet 2.1, OpenMeeting 1.7, Phoronix Test Suite 3.2.1, CRM-CTT Interleave 5.5.0.3, webERP 4.0.2, Barricade 3.0.1, dan Jailer 3.6.3. Topik utama memanfaatkan distro eBox for Server.

Kegitan komunitas meliput: HIMATIFA UWKS Adakan Seminar FOSS dan Pelajar Jadi Pengembang Linux BlankOn. “Aplikasi CMS untuk Membuat Forum” merupakan topik untuk rubrik Praktik Instan.

Artikel menarik untuk Net Admin adalah: “Sinkronisasi File atau Folder Secara Realtime” disamping menelusuri Daftar Warnet Berbasis Linux di Indonesia.

Beberapa Tutorial yang kali ini disajikan termasuk: “Berbagai Tool Sistem Monitoring di Linux beserta Fungsinya”, “Menambahkan Paket Aplikasi di Ubuntu 11.04” dan “Daur Hidup Aplikasi Android”. Seramgkaian Tip&Trik telah menjadi bagian tetap mengisi halaman InfoLINUX.

Tema untuk rubrik Workshop terdiri dari “Bermain Game Klasik dengan Emulator”, “Secangkir Kopi Nikmat”, “Konversi Teks ke Tanggal”, “Fungsi SUMPRODUCT”, “Rank Terkecil dan Terbesar”, “Membuat Animasi dengan Grease Pencil”, dan “Mencicipi PCLinuxOS KDE dan LXDE”.

Kuis InfoLinux dan tentang Edisi Mendatang mengisi halaman terakhir terakhir majalah khusus Linux ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s