OpenEyes: Open Source Kelola Klinik Mata

Moorfields Eye Hospital di London adalah klinik mata yang berhasil mengembangkan aplikasi “OpenEyes” berbasis Open Source. OpenEyes telah diuji-coba selama satu tahun terakhir dan mulai bulan November 2011 secara resmi akan digunakan menunjang produktifitas sehari-hari di rumah sakit tersebut.

Sebagaimana dipaparkan dalam sebuah wawancara di harian The Guardian, dokter mata Bill Aylward memperhitungkan bahwa klinik mata Moorfields Eye Hospital akan menghemat beberapa juta Pound Sterling setelah menggunakan OpenEyes, disamping adanya peningkatan efisiensi dalam penanganan dan pengelolaan pasien.

Digital Electronic Patient Record (Data Rekam Medis Elektronik) OpenEyes adalah aplikasi pengelola berkas pasien berbasis Open Source khusus untuk klinik mata yang menggantikan fungsi yang sama yang sebelumnya direkam diatas kertas. Menggunakan aplikasi hijau bebas kertas OpenEyes, para dokter mata di sebuah klinik dapat menampilkan data pasien secara terpadu yang sebelumnya harus dikumpulkan secara manual dari berbagai tempat penyimpanan. Penampilan data langsung di sebuah monitor, OpenEyes membantu memperpendek proses klinis dan pemerikasaan pasien yang tumpang tindih oleh banyak dokter dapat dihindarkan. Dengan “mata terbuka” dapat dibuktikan bahwa OpenEyes memungkinkan proses yang lebih efisien dan pasien bisa cepat mendapatkan perawatan dan lebih dini meninggalkan rumah sakit.

Menggunakan manajemen akses berbasis peran dan pilihan aneka otentikasi yang berbeda, aplikasi OpenEyes memastikan bahwa setiap karyawan rumah sakit hanya dapat mengakses informasi yang diperlukan untuk tugasnya masing-masing saja. Kecuali itu tersedia cara pintas keyboard yang memungkinkan untuk pengoperasian lebih cepat, sedangkan fitur SNOMED menyediakan nomenklatur untuk terminologi medis. Menggunakan sistem manajemen dokumen, korespondensi kertas yang di-scan dapat disimpan secara terpusat. Kecuali itu, dokter juga dapat mengatur data kontak pasien, dan dengan alat menggambar bisa menyimpan sketsa sebuah kasus.

Klinik Mata Moorfields adalah inisiator dari proyek sumber terbuka OpenEyes yang kemudian menerima dukungan dan berkolaborasi dengan klinik-klinik mata lainnya seperti St Thomas’ Hospital, Manchester Royal Eye Hospital, Maidstone dan Royal Victoria Eye and Ear Hospital. Software OpenEyes ditulis menggunakan Yii-Framework dan diimplementasikan dalam bahasa pemrograman PHP yang didukung menggunakan basis data MySQL, Oracle dan Microsoft SQL Server, dan mengadopsi lisensi bebas GPLv3 seperti juga OEPL 1.0. Yang berminat dapat menyimak sejumlah demo dari fitur yang dimiliki OpenEyes di situs proyek pengembangan OpenEyes.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s