Parlemen Italia Hemat Kertas Berkat Open Source

Berkat pendayagunaan aplikasi Open Source: Scriba Ebook Maker, parlemen Italia berhasil melakukan penghematan biaya untuk pengadaan ATK (kertas). Dari pada mencetak berkas diatas kertas, para wakil rakyat di parlemen Italia menyulap dokumen menggunakan Scriba ke format epub yang bisa dibaca menggunakan aneka E-Book-Reader dan perangkat bergerak termasuk smart phone dan tablet yang mudah dijinjing.

Scriba Ebook Maker dikembangkan oleh bidang ICT senat Italia dan dibebaskan menganut lisensi GPLv3. Para wakil rakyat dapat menggunakan software yang diprogram menggunakan Java itu untuk mengkonversi berkas-berkas format lain kedalam format epub. Berkas epub merupakan zip-Archive yang mengandung berkas XML dan XHTML yang lebih mudah diurai oleh aplikasi lainnya dibandingkan bila menggunakan berkas PDF. Kecuali itu teks bisa dan tanpa masalah dioptimalkan untuk ditampilkan di aneka ukuran layar.

Agar sebuah dokumen bisa disulap menggunakan Scriba, diperlukan untuk membuat sebuah daftar XML yang merinci alamat dokumen-dokumen yang formatnya akan diubah Scriba. Daftar XML dengan mudah dapat dibuat menggunakan tools tersedia dan dengan demikian pengguna tidak diharuskan melakukan penyesuaian secara manual.

Kecuali format epub, Scriba juga mampu mengkonversi dokumen-dokumen ke format HTML, PDF dan XML. Kendati demikian: “Dokumen yang diterbitkan dalam format epub adalah lebih nyaman untuk digunakan..” kata pengembang utama Roberto Battistoni dan pimpinan bidang TI Carlo Marchetti, kepada osor.eu. Anggota parlemen juga bis menggumakan Scriba daring melalui situs http://www.senato.it/ebook dan situs http://tablet.senato.it.

Pengembangan Scriba yang dilakukan selama tiga bulan tahun ini ditargetkan untuk memangkas penggunaan kertas di parlemen Italia. Scriba menyediakan dokumentasi yang cukup rinci dan menurut pengembangnya, mudah diintegrasikan kedalam infrastruktur TI yang ada. Software Open Source yang tersedia di sourceforge.net, memanfaatkan serangkaian komponen asal proyek Apache seperti Commons, HttpComponents dan PDFBox. Disamping itu juga komponen berasal dari proyek-proyek open source lainnya jsoup, JTidy dan epubceck.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s