Oneiric Ocelot Jalani Masa Ujicoba Beta-1

Ubuntu 11.10 alias Oneiric Ocelot telah muncul untuk memenuhi jadwal masa ujicoba beta pertamanya. Dengan demikian semua perubahan fitur yang telah dibekukan, diharapkan tidak lagi mengalami perubahan selama proses menyongsong versi final yang telah dijadwalkan pada bulan Oktober tanggal 13 nanti. Sementara itu, desktop Unity juga telah mendapatkan sentuhan terakhir dari pengembangannya.

Mulai versi 11.10, Canonical menyediakan varian distribusi yang disebut sebagai “Ubuntu Core”. Ia merupakan edisi Ubuntu yang ramping dengan jumlah software minimal dan ditargetkan sebagai basis untuk sebuah distribusi dengan komposisi fleksibel berdasarkan keinginan pengguna. Penyertaan paket software aktual Thunderbird 7 telah mengambil alih tugas program klien Email yang sebelumnya menggunakan Evolution. Sebagai solusi Backup dipasang aplikasi Déjà Dup, dan Libreoffice 3.4.2 dijadikan sebagai andalan untuk suit office. Program pemutar musik dan video diwakili Banshee versi 2.1.3, sementara Shotwell 0.11 bertugas sebagai pengelola gambar.

Oneiric Ocelot ditenagai menggunakan kernel Linux 3.0.5, menyertakan versi X.org 7.6 dan X-Server 1.10. Kali ini juga diintegrasikan, adalah pustaka grafis Mesa 7.11 (graphics library). Lebih dari itu, Ubuntu 11.10 kini memiliki kemampuan dalam hal mendukung core grafik untuk chip-sets AMDs Llano-Fusion-Chipset, disamping menyediakan dukungan untuk set chip Ivy-Bridge besutan Intel.

Selanjutnya, Oneiric memberikan dukungan lebih baik terhadap beberapa jenis GPUs asal AMDs Radeon-HD-62xx sampai dengan -68xx. GCC dikemas dengan versi 4.6, sedangkan software NetworkManager dengan versi 0.9. Program-program aplikasi 32-Bit kini diklaim bisa dipasang di sistem 64-Bit tanpa masalah. Mesin pencari universal yang sebelumnya bernama “Places” mulai generasi Oneiric diganti dengan dua alat bantu “Scopes” dan “Lenses”.

Secara serentak anggota keluarga besar Ubuntu dengan berbagai variannya telah mencapai status Beta yang sama. Ubuntu Server sekarang dibekali Orchestra, yaitu sebuah kumpulan software bebas terbaik untuk menangani infrastruktur di pusat-pusat data (Data Centers).

Edisi Kubuntu menyertakan KDE SC 4.7, suit KDE-PIM menggunakan KMail 2, Amarok 2.4.3 dan Muon Software Center berikut komponen-komponen terkait untuk dijadikan pengelola paket. Xubuntu juga telah mengganti beberapa aplikasi standarnya seperti untuk editor teks yang kini memasang Leafpad, sementara gThumb digunakan untuk mengelola gambar.

Untuk kali pertama Edubuntu sepenuhnya menterjemahkan program installernya. Fitur LTSP juga telah ditulis ulang dan bisa bekerjasama dengan NetworkManager. Mythbuntu telah mengganti Display-Manager-nya menggunakan lightdm dan paket program MythTV juga telah mendapat peningkatan yang diperlukan.

Pembaruan di Ubuntu 10.11 Oneiric Ocelot lebih rinci dapat disimak di dokumen wiki Technical Overview.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s