Siaran Pers Peluncuran BlankOn Sajadah 7.0 Pattimura

Internet, 27 Ramadhan 1432 H / 27 Agustus 2011.

Dengan mengucapkan syukur kepada Alloh, Tim Pengembang BlankOn mengumumkan pada hari ini terbitnya BlankOn Sajadah 7.0, yaitu varian/racikan dari BlankOn Linux 7.0 Pattimura yang ditambahkan konten dan aplikasi Islami. Seperti biasa, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 3.0.1-2 dan lingkungan desktop GNOME 2.32.1. yang dimodifikasi dengan BlankOn Panel. BlankOn Sajadah didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, Ombilin menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital, dan tentunya aplikasi Islami seperti Al Quran, Hadist, Pengingat Sholat dan Filtering Konten Negatif.

BlankOn Sajadah 7.0 adalah versi varian BlankOn 7 yang dibangun dengan kelengkapan konten Islami dan sebagai alat yang ingin belajar Islam lewat teknologi Komputer. Seiring dengan rilis di penghujung bulan Ramadhan maka BlankOn Sajadah diharapkan bisa menjadi titik tolak untuk BerHijrah kearah yang lebih baik dengan memilih Sistem Operasi yang Halal dan Barokah serta sudah ada alat bantu untuk belajar Islam. Terlebih lagi BlankOn Sajadah telah dilengkapi dengan alat penyaring konten negatif dns nawala, sehingga pengguna BlankOn Sajadah bisa berinternet dengan nyaman dan sehat. Penambahan Aplikasi Penghitug Zakat dan HadisWeb versi 4 menjadikan BlankOn Sajadah wajib dipasang pada komputer kaum Muslimin di Indonesia.” harap Ainul Hakim dari Semarang yang memimpin Proyek BlankOn Sajadah ini.

Menjadi komitmen kami, BlankOn selalu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan, sekaligus melestarikan budaya Indonesia dengan menyertakan Aksara Nusantara.

Kami berharap kedepan BlakOn Sajadah bisa lebih berisi konten konten Islami yang sudah berbahasa Indonesia sehingga ummat memudahkan dalam belajar tentang Islam, tentunya ini bisa terwujud atas partisipasi Anda.

Dan kami bangga bisa menerbitkan BlankOn Sajadah ini yang juga bertepatan dengan bulan Agustus yaitu momen Kemerdekaan Bangsa Indonesia, sehingga dengan menggunakan BlankOn Sajadah artinya kita sudah selangkah maju dalam Kemerdekaan khususnya di bidang Teknologi Informasi.”

Aplikasi Stellarium pada BlankOn Sajadah sungguh memberikan gambaran pada kami bagaimana kronologi rukyatul hilal, dan juga HadisWeb yang sangat membantu untuk mencari dalil berbahasa Indonesia” tambah Nurul Amin, peserta Iktikaf di Masjid Baitul Hikmah Semarang malam ini.

Catatan Rilis dan Alamat Unduh

  • Daftar fitur terbaru dan spesifikasi dapat dilihat pada halaman Catatan Rilis di alamat catatan-rilis-sajadah.html
  • BlankOn Sajadah 7.0 dapat diperoleh melalui situs http://www.blankonlinux.or.id dan situs-situs cermin lainnya.

Kontak media

  • Silakan lakukan korespondensi dengan menggunakan jalur milis pada alamat: BlankOn@googlegroups.com

Dukungan Teknis

  • YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Open Source Software (FOSS) di Indonesia. Situs Internet YPLI adalah http://www.ypli.or.id/

Catatan

  • BlankOn dan logo BlankOn adalah merek terdaftar YPLI. Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds. Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s