RawTherapee 3.0: Konverter Gambar Open Source

RawTherapee atau “The Experimental Raw Photo Editor” adalah aplikasi “raw image processing” lintas platform dan open source yang dirilis mengadopsi lisensi GPLv3. Dikembangkan oleh Gábor Horváth asal Budapest, Hungaria, utamanya menggunakan bahasa pemrograman C++ disamping GTK+ front-end dan dcraw. RawTherapee merupakan salah satu raw converters pertama yang tersedia untuk sistem operasi Linux yang menyediakan antarmuka grafis GUI yang memadai.

RawTherapee menerapkan konsep “non-destructive editing” seperti pada umumnya digunakan untuk software konversi lainnya. Pengaturan atau perubahan yang dilakukan oleh pengguna tidak langsung memodifikasi obyek image, melainkan hanya menyimpan semua parameter dalam sebuat berkas setting, sementara efek perubahan bisa langsung dipantau di jendela pratampil. Perubahan berkas sebenarnya dilakukan dalam sebuah proses export (atau ‘save’ di RawTherapee). Semua proses internal berlangsung dengan resolusi warna 16 bits/channel.

RawTherapee dapat memroses baik berkas “raw files” yang berasal dari sebuah kamera digital (menggunakan paket aplikasi dcraw) atau gambar digital pada umumnya seperti jpeg, tiff dan png.

Generasi baru dari RawTherapee 3 yang diluncurkan akhir bulan Juli 2011 memiliki tampilan jendela impor yang tertata baik dan lebih cepat menampilkan gambar preview dibandungkan versi 2.x sebelumnya.

Perkakas standar (tools) untuk exposure, noise dan detail, color, cropping dan komposisi, properties dan metadata yang terkait dengan materi raw, dengan jelas ditata dalam tab-tab.

Layout tampilan baru juga disiapkan untuk penampilan baik bila menggunakan monitor ganda. Untuk menimpa file yang ada ketika program mengekspor gambar, kali ini ditawarkan pilihan. Field yang tersembunyi kini dapat diatur warnanya, gambar tersebut dapat disesuaikan ke dalam jendela dokumen menggunakan tombol fit. Pengaturan cahaya kini menawarkan lebih banyak kelonggaran ketimbang sebelumnya.

Hue, saturasi dan kecerahan dapat diatur menggunakan perkakas “karet gelang” dari model HSV. Mengoreksi busa warna, dapat dilakukan baik secara otomatis maupun manual. Ketika menghitung kliping bayangan dan sorotan kedalam, sekarang menggunakan nilai luminance bukannya RGB. Profil warna dapat diabaikan jika diinginkan.

Perbaikan-perbaikan lainnya termasuk antara lain, otomatisasi white balance, kompensasi backlight, kualitas preview, cara pintas keyboard dan dukungan set-karakter di metadata.

Aplikasi RawTherapee tersedia untuk Linux (32 dan 64-bit), Windows (32-bit dan 64-bit) dan Mac OS X (32-bit, x86). Paket untuk Ubuntu tersedia di Software Center dan langsung bisa diinstalasi secara otomatis. Dokumentasi yang saat ini tersedia (PDF Manual dan Internal Workflow) masih mengacu pada versi 2.4.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s