BlankOn 7 Pattimura Sambut HUT-66 RI

Siaran Pers Peluncuran BlankOn 7.0 Pattimura

Pada hari ini, Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn dengan bangga mengumumkan terbitnya BlankOn versi 7.0 yang diberi nama “Pattimura”. Seperti biasa, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 3.0.1 dan lingkungan desktop GNOME yang digabung dengan BlankOn Panel hasil karya pengembang BlankOn. Pattimura didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, Pattimura menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital.

Rahman Yusri Aftian yang memimpin rilis Pattimura ini menjelaskan: “BlankOn Pattimura adalah versi BlankOn yang merupakan versi yang menunjukkan kemajuan dalam bidang pengembangan/riset, di BlankOn pattimura inilah BlankOn Panel tercipta hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mampu untuk mandiri dengan semangat kemerdekaan yang telah dicita-citakan oleh Pahlawan Nasional kita Pattimura.”

BlankOn 7.0 Pattimura menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan. BlankOn 7.0 Pattimura juga turut melestarikan budaya bangsa dengan mengusung dukungan terhadap Aksara Nusantara, yang pada versi ini mendukung dua aksara baru yaitu Rejang dan Jawa di samping Lontara’, Batak Toba, Bali dan Sunda.

Saya menggunakan BlankOn sejak rilis Nanggar hingga kini Pattimura. Di tengah-tengah teman kuliah saya yang masih ngotot menggunakan perangkat lunak proprietary, saya nekat untuk menggunakan BlankOn dalam aktivitas kuliah saya sebagai mahasiswa Ilmu Komputer. Hasilnya? Tidak ada satupun masalah yang saya hadapi. Dan saya pun membuktikan bahwa BlankOn pun mampu dan sanggup menjawab kebutuhan komputer dunia perkuliahan.” ujar Fitra Aditya, salah seorang pengembang BlankOn 7.0 Pattimura yang berasal dari Pamekasan, Madura.

BlankOn 7.0 Pattimura juga dikembangkan dengan maksud sebagai pelatihan bagi para pengembang dalam negeri dalam hal kolaborasi daring (‘online’) dan pengembangan produk perangkat lunak bebas/terbuka, yang mana proses pengembangannya total dilakukan secara daring menggunakan jalur situs web, milis dan kanal IRC.

Catatan Rilis dan Alamat Unduh

Daftar fitur terbaru dan spesifikasi dapat dilihat pada halaman Catatan Rilis di alamat http://www.blankonlinux.or.id/catatan-rilis/pattimura.

Yang Baru di BlankOn 7.0 Pattimura:
BlankOn 7.0 Pattimura  mempunyai beberapa fitur aplikasi yang memudahkan Anda untuk membantu pekerjaan setiap hari, menikmati hiburan, behubungan melalui fasilitas internet sampai aplikasi pendidikan.

  • Aksara Nusantara
    Pattimura mendukung enam jenis ”’Aksara Nusantara”’, yaitu aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Rejang dan Jawa merupakan penambahan terbaru di versi ini.
  • Kamus cepat Stardict
    Pattimura menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.
  • Peramban web Chromium
    Pattimura menyertakan peramban web Chromium versi 15 untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman dan sudah mendukung HTML5.
  • Pemutar lagu Exaile
    BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, Inkscape, dan sebagainya.
  • Modem USB flip-flop
    Akhir-akhir ini sedang booming modem USB flip-flop di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi Linux. BlankOn 7.0 Pattimura mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan Anda siap berselancar di Internet dengan BlankOn 7.0 Pattimura.
  • Album foto Shotwell
    BlankOn 7.0 Pattimura menyediakan program album foto Shotwell yang memudahkan Anda dalam mengatur puluhan bahkan ratusan ribu foto digital dalam komputer Anda. Anda dapat dengan mudah pula mengirim foto-foto tersebut ke layanan album foto populer di Internet baik Flickr, Facebook, maupun Picasa.
Tentang Proyek BlankOn
Proyek BlankOn bertujuan untuk mengembangkan ekosistem baru dalam konteks perangkat
lunak bebas dan terbuka. Pengembangan dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan
sumber daya lokal sehingga mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak
bebas dan terbuka, mulai dari yang teknis seperti pengembangan aplikasi dan distribusi
Linux, hingga hal-hal non-teknis seperti kepemimpinan dan kemampuan membangun komunitas
hingga solusi komersial berbasis BlankOn. Selengkapnya dapat dibaca di
http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Misi.

Tentang YPLI
YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber
daya manusia di bidang Linux, ''Free Software, dan Open Source Software'' (FOSS) di
Indonesia. Situs Internet YPLI adalah http://www.ypli.or.id/.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s