Majalah InfoLINUX 2011 Juli

Edisi InfoLINUX nomor 7 trahun 2011 yang beredar menjelang akhir bulan Juli mengutamakan bahasan tentang “Backup Restore Sederhana via Rsync”. Ibarat pepatah “sedia payung sebelum hujan”, penulis menyarankan sebaiknya memperhatikan perlindungan data dari risiko kehilangan secara sengaja atau tidak. Topik terkait dengan distro yang disertakan sebagai bonus DVD-DL, adalah pengetahuan dasar untuk menguasai distro RHEL melalui penggunaan distro CentOS 5.6. Zimbra desktop sebagai klien yang kaya fitur dibahas tuntas di InfoLINUX edisi ini. Tentang Android dibahas mulai dari sejarahnya sampai dengan cara mudah belajar membuat aplikasi bak profesional.

Berita Aktual seputar Linux antara lain adalah: “Merayakan 20 Tahun Sistem Operasi Linux”, “Software Radio Airtime”, “Rilis Tiki Wiki CMS 7.0”, “Google Nexus 4G dengan Android 4.0”, “Tiny Core Linux Minimalis”, “Fitur Terbaru Firefox 5”.

Opini dari Budi Rahardjo membahas “Karier di Bidang Teknologi Informasi”, dari Michael S.Sunggiardi membahas “Quo Vadis TIK Indonesia”, dan dari I Made Wiryana disampaikan “Pengetahuan C dan Kernel”.

Setelah menjawab semua “Surat Anda”, majalah ini menerangkan tentang Distro CentOS 5.6 dan BackTrack 5 yang disisipkan sebagai bunus.

Software Game yang kali ini disertakan berjudul Somyeol 20 dan StuntRally, sementara tiga buku dalam bahasa Inggris yang diliput berjudul: “Practical TCP/IP: Designing, Using & Troubleshooting TCP/IP”, “Shell Scripting Recipes: Expert Ingredients for Linux, and More”, dan “The Definitive Guide to CentOS”.

Software-software yang dipilih dan disertakan di media bonus adalah: “eFront 3.6.9”, “FxMovieManager 5.0”, “FileZilla 3.5.0”, “Synfig Studio 0.63.00”, “Test Your Memory”, “Web Private Detective”, “clzip 1.2”, “Qercus 0.13”, “Opera 11.11”, “JStock 1.0.6b”, “TCExam 11.2.004”, “Street pyghter 1.2.1”, “aria2 1.11.2”.

Sebagaimana diutarakan diatas, sebagai topik utama dibahas tentang “Backup Restore Sederhana Via Rsync”.

Di rubrik Komunitas ditulis tentang “Komunitas Linux Garut Adakan Pelatihan”, dan “BEM KM FMIPA Unand Gelar Seminar”.

Mengisi Praktik Instan dibahas tentang “Mail Client Zimbra Desktop”.

Untuk Net Admin tersedia artikel tentang “Vulnerability Assessment Menggunakan OpenVAS” dan “Daftar Warnet Berbasis Linux Di Indonesia”.

Rangkaian Tutorial berupa pencerahan tentang “Membuat Kosakata Bahasa Asing dengan OpenTeacher”, “Mengelolah OpenPublish”, dan “Lebih Dekat dengan Si Robot Hijau”.

Setelah mengungkapkan Tip & Trik tentang BlanKonf#3 di Semarang, dilanjutkan di halaman berikutnya dengan Workshop yang membahas tentang: “Berbagi Akses dengan Dropbox”, “Membuat Desain Stempel”, “Menu Drop Down List”, “Menampilkan Pop Up Notes”, “Membuat Desain Tabel Kreatif Menghitung Jumlah Sel Kosong”, “Mengenal Animasi dengan Blender 3D”, dan “Belajar Red Hat Enterprise Linux Melalui CentOS”.

Silakan mengisi “Kuis InfoLINUX” sambil menanti “Edisi Mendatang”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s