RHEL 5.7 Tingkatkan Keamanan Sertakan OpenSCAP

Red Hat Enterprise Linux 5.7 telah rilis dengan perbaikan dan peningkatan terutama untuk solusi virtualisasi Xen dan KVM. Kecuali itu, seiiring dengan perkembangan hardware baru, juga diperbaharui serangkaian driver.

Upadate ke 7 dari Red Hat Enterprise Linux 5, yang telah hadir sejak 2007 ini, misalnya meng-update driver untuk perangkat penyimpanan data dan jaringan (storage & network), sementara untuk peningkatan keamanan disediakan framework OpenSCAP.

RHEL 5.7 mengintegrasikan fitur Kernel-based Virtual Machine (KVM) yang diklaim lebih baik dalam hal meng-emulasi akses ke drive CD/DVD. Kekeliruan pada urutan booting juga telah diluruskan. Migrasi pada sistem-sistem tamu lintas server sekarang berlangsung lebih cepat. Jumlah perangkat media yang bisa diakses sistem tamu pada virtualisasi menggunakan Xen kini telah meningkat dari sebelumnya 100 menjadi 256 perangkat. Disamping itu terjadi peningkatan pada sistem tamu Xen 32-bit dalam hal akselerasi start.

Yang baru kali ini dalam upayanya meningkatkan keamanan adalah penyertaan Security Content Automation Protocol (SCAP) untuk mengkoleksi informasi terkait dengan celah keamanan dan patch sekuriti. Kecuali itu program ini melaporkan tentang pengaturan keamanan dalam sebuah sistem. Sebelumnya, OpenSCAP telah diintegrasikan dan diuji coba di distribusi Linux Fedora 14 (Laughlin).

Sejumlah driver storage yang diperbaharui antara lain adalah driver Mpt2sas untuk seri SAS2 dari LSI, dan nantinya bisa mengakses perangkat seri Warpdrive-SSS-6200. RHEL 5.7 dapat berkomunikasi dengan kartu jaringan baru seperti kartu Gigabit-Ethernet-L1 dengan chip besutan Atheros. Driver untuk kartu ATI juga tidak dilupakan dengan dukungan antarmuka display untuk set chip RV635, seperti juga untuk RV730 dari keluarga Radeon AMD.

Lebih rinci tentang latar belakang dan pembaruan di RHEL 5.7 dapat disimak dari Release Notes dan Technical Notes atau blog resmi Red Hat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s